Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Di SMP Islam Al-Hikmah Ajung Jember Tahun Pelajaran 2023-2024

Renata, Hekmah Septia (2024) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Di SMP Islam Al-Hikmah Ajung Jember Tahun Pelajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-115-PAI-2024)
HEKMAH SEPTIA RENATA T20171232 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Hekmah Septia Renata, 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Islam Al Hikmah Ajung Jember”

Kata Kunci: Peran Guru, Hasil Belajar.

Dalam proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam memegang peranan penting yaitu mendidik, mengelola lingkungan belajar, memfasilitasi pembelajaran dan mengevaluasinya agar terciptanya hasil pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu guru pendidikan agama Islam memegang peranan yaitu menjadikan siswa menjadi manusia yang beriman bertakwa dan berakhlak mulia dengan pendidikan yang diajarkan pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun fokus penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di SMP Islam Al Hikmah Ajung Jember? (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di SMP Islam Al Hikmah Ajung Jember? (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa di SMP Islam Al Hikmah Ajung Jember?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di SMP Islam Al Hikmah Ajung Jember. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa di SMP Islam Al Hikmah Ajung Jember. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa di SMP Islam Al Hikmah Ajung Jember.
Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa: sebagai pendidik yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran. Sebagai pengelola kelas yaitu guru menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman. Mediator dan fasilitator yaitu guru menyediakan media pembelajaran, memanfaatkan fasilitas sekolah sebagai kegiatan pembelajaran. Evaluator yaitu melakukan penilaian tugas harian, nilai UTS, nilai UAS (2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar afektif: sebagai pendidik menanamkan nilai-nilai ajaran agama, membuat program kegiatan keagamaan dengan adanya sarana dan prasarana untuk melaksanakan kegiatan keagamaan. Sebagai evaluator yaitu diadakannya teknik penilaian sikap dengan observasi. (3) Peran guru dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa yaitu peran guru sebagai pendidik yaitu guru tidak sekedar menjelaskan materi pelajaran melainkan juga memperagakan. Menciptakan suasana kelas pada kegiatan praktik menjadi menyenangkan. Sebagai mediator dan fasilitator yaitu menggunakan dan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah. Sebagai evaluator yaitu evaluasi hasil belajar psikomotorik siswa melalui penilaian praktik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi Hekmah Septia Renata
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:05
Last Modified: 09 Jul 2024 05:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34503

Actions (login required)

View Item View Item