Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”.

EMIL NUR, PRATIWI (2020) Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
EMIL NUR PRATIWI_084 141 357.pdf

Download (4MB)

Abstract

Emil, 2020: “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”. Upaya untuk mengatasi permasalahan lingkungan yaitu melalui pembentukan karakter peduli lingkungan sejak dini. Penanaman, pemahaman, dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian kualitas lingkungan sangat baik apabila mulai diterapkan melalui pendidikan. seperti yang diterapkan oleh guru dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana Evaluasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Perencanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Perencanaan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui mata pelajaran akidah akhlak yaitu dengan menyiapkan materi dan RPP. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui mata pelajaran akidah akhlak yaitu menggunakan media proyektor sedangkan untuk pengintegrasiannya menggunakan 3 kegiatan yaitu rutinan, spontan dan pembiasaan. (3) Evaluasi pendidikan karakter peduli lingkungan guru menggunakan 2 cara yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:26
Last Modified: 12 Apr 2022 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3452

Actions (login required)

View Item View Item