Pengembangan Herbarium Book Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Air Terjun Kebun Rayap Rembangan Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di MAS Yayasan Raudlatul Muta’allim

Hakiki, Winda Nur (2024) Pengembangan Herbarium Book Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Air Terjun Kebun Rayap Rembangan Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di MAS Yayasan Raudlatul Muta’allim. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-010-TADRIS-BIO-2024)
SKRIPSI WINDA NUR HAKIKI 204101080004 TADRIS BIOLOGI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Winda Nur Hakiki, 2024: Pengembangan Herbarium Book Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Air Terjun Kebun Rayap Rembangan Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di MAS Yayasan Raudlotul Muta`Allim.
Kata Kunci: herbarium book tumbuhan paku, air terjun kebun rayap, plantae
Pembelajaran Biologi merupakan salah satu mata pelajaran inovatif yang memiliki keterkaitan kuat dengan alam sekitar. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap proses pembelajaran yang efektif dan efisien saat ini adalah penggunaan media dalam proses pembelajaran. Namun kendala yang ditemui saat pembelajaran biologi berlangsung yaitu minimnya media pembelajaran yang bervariatif menyebabkan siswa kesulitan untuk memahami materi yang di ajarkan. Herbarium book dapat digunakan sebagai alat pengajaran yang efektif dengan memberikan siswa contoh konkret yang nyata, praktis dibawa, membantu guru dalam membuat rencana pelajaran yang menarik sehingga memberi mereka pengalaman belajar yang menyenangkan dan memberikan siswa pengalaman belajar yang nyata. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa membutuhkan sumber belajar yang bervariatif yang dikemas dalam Herbarium book.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tumbuhan paku apa saja yang ada di kawasan Air Terjun Kebun Rayap Rembangan; 2) Untuk mengetahui kevalidan herbarium book tumbuhan paku; 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap herbarium book tumbuhan paku; 4) Untuk mengetahui efektifitas herbarium book tumbuhan paku.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Borg and Gall dengan 10 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pengambilan sampel, angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif yaitu dari uji validitas dan keefektifan produk. Uji validitas melalui angket dari validasi ahli materi, ahli media dan guru biologi. Sedangkan uji keefektifan dari hasil prestest dan posttest yang di uji melalui uji T-test dengan SPSS versi 25.
Penelitian dan pengembangan ini memperoleh kesimpulan: 1) Tumbuhan paku yang ada di air terjun kebun rayap rembangan ditemukan sebanyak 8 spesies tumbuhan paku yaitu Adiantum philippense L., Phegopteris connectilis, Pityrogramma calomelanos, Nephrolepis cordifolia, Pteris ensiformis, Phymatosorus scolopendria, Pteris vittata L., dan Gymnocarpium dryopteris; 2) Hasil validasi produk didapatkan dari validasi ahli, media, dan pengguna didapatkan rata-rata sebesar 91% dengan kriteria sangat valid digunakan dalam pembelajaran biologi; 3) Respon siswa terhadap herbarium book dengan presentase rata-rata sebesar 97% dengan kriteria sangat menarik sehingga dikatakan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran biologi; 4) Hasil uji t menggunakan SPSS 25 memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang nyata pada data pre-test dan post-test. Artinya, herbarium book efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms. Winda Nur Hakiki
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:23
Last Modified: 08 Jul 2024 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34578

Actions (login required)

View Item View Item