Strategi Guru dalam Memahami Gaya Belajar Siswa kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021.

Youla Mailinda, Safitri (2021) Strategi Guru dalam Memahami Gaya Belajar Siswa kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Youla Mailinda Safitri_T20174013.pdf

Download (7MB)

Abstract

Youla Mailinda Safitri, 2021: Strategi Guru dalam Memahami Gaya Belajar Siswa kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Strategi Guru, Gaya Belajar Siswa Pada hakikatnya, pembelajaran bukan hanya proses transfer of knowledge. Dalam proses pembelajaran seorang guru harus mengetahui keberagaman gaya belajar masing- masing siswa di dalam kelas. Siswa kelas IV di MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Namun, dalam pelaksanannya guru dapat menguasai kondisi tersebut sehingga siswa tetap bisa memperoleh materi secara maksimal dengan hasil yang optimal. Tentunya hal ini tidak terlepas dari penggunaan strategi guru dalam memahami gaya belajar siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gaya belajar siswa kelas IV MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021?, 2) Bagaimana strategi guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas IV mata pelajaran bahasa indonesia MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021?, 3) Bagaimana dampak dari penggunaan strategi guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas IV mata pelajaran bahasa indonesia MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas IV MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021, 2) Mendeskripsikan strategi guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas IV mata pelajaran bahasa indonesia MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021, 3) Mendeskripsikan dampak dari penggunaan strategi guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas IV mata pelajaran bahasa indonesia MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MI Mutiara Imam Asy- Syafi’i Penentuan subyek dalam penelitian dilakukan dengan cara purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan: 1) Sebagian besar siswa kelas IV di MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i memiliki gaya belajar auditorial. Sisanya merupakan tipe pembelajar visual dan kinestetik, 2) Strategi yang digunakan guru dalam memahami gaya belajar siswa yakni: untuk gaya belajar auditorial menggunakan metode ceramah, untuk gaya belajar visual menulis materi dipapan dan untuk gaya belajar kinestetik dengan praktek langsung, 3) Dampak penggunaan strategi guru dalam memahami gaya belajar siswa kelas IV di MI Mutiara Imam Asy-Syafi’i, dampak positif yaitu: siswa yang selalu aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan dampak negatifnya yaitu: kemampuan pribadi siswa dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 29 Mar 2022 04:38
Last Modified: 29 Mar 2022 04:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item