Implemenetasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 3 Desa Jombang Kabupaten Jember

Fitriani, Imas (2024) Implemenetasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 3 Desa Jombang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-054-PAI-2024)
SKRIPSI IMAS FITRIANI 201101010040 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Imas Fitriani, 2024: Implementasi Model Pembelajaran Problem based Learning (PBL)Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 3 Desa Jombang Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Model PBL, Mata Pelajaran Fiqih, Motivasi Belajar, Kelas XI

Minimnya ketertarikan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar termasuk mata pelajaran fiqih yang dirasa membosankan jika hanya menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi, sementara fiqih merupakan materi yang harus dipahami sebagai bekal kehidupan sehari hari maka pendidik
menggunakan model PBL untuk menciptakan suasana yang aktif dalam belajar dan paham akan materi yang dijelaskan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana model Problem Based Lerning (PBL) mengorientasi peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar pada masalah dalam mata pelajaran fiqih kelas XI di MAN 3 Jember? 2) Bagaimana model Problem Based Lerning (PBL) dalam mengorganisasikan peserta didik terhadap suatu masalah untuk memotivasi belajar pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MAN 3 Jember? 3) Bagaimana model Problem Based Lerning (PBL) dalam menganalisis dan mengevaluasi peserta didik dalam proses pemecahan masalah untuk memotivasi belajar pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MAN 3 Jember?
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan model Problem Based Lerning (PBL) dalam mengorientasi peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar pada masalah dalam mata peljaran fiqih kelas XI di MAN 3 Jember? 2) Mendeskripsikan model Problem Based Lerning (PBL) dalam mengorganisasikan peserta didik terhadap suatu masalah untuk memotivasi belajar pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MAN 3 Jember? 3) Mendeskripsikan model Problem Based Lerning (PBL) dalam menganalisis dan mengevaluasi peserta didik dalam proses pemecahan masalah untuk memotivasi belajar pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MAN 3 Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observsi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan pengumpulan data, kondenansi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang menjadikan peserta didik lebih aktif didalam kelas karna menjadikan masalah menjadi alat utama dalam keberhasilan penggunaan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Mengorientasi peserta didik terhadap masalah yang dimana dalam tahap ini seorang pendidik bisa menjelaskan mengenai tahapan tahapan pembelajaran dan juga alat alat yang dbutuhkan dalam pembelajaran. 2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar dimana dalam tahapan ini peserta didik dibantu untuk mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut. 3) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dimana dalam tahapan yang terakhir ini peserta didik dan pendidik mengevaluasi bersama tentang hasil belajar materi yang telah dipelajari dan meminta tiap individu atau kelompok untuk mempresentasikannya didepan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: imas fitriani
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:58
Last Modified: 04 Jul 2024 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34600

Actions (login required)

View Item View Item