Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Suci Panti Jember

Hidayah, Nurul (2024) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Suci Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NURUL HIDAYAH WATERMARK..pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurul Hidayah, 2024: Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Suci Panti Jember
Kata Kunci: manajemen bimbingan dan konseling, meningkatkan kedisplinan.
Didalam dunia pendidikan tidak asing dengan adanya kedisiplinan yang diharuskn untuk para siswa-siwanya bahkan gurunya pula. Dan sering kita temui keberadaan suatu sekolah tingkat kedisiplinan ada yang masih tergolong rendah, didalam lingkungan sekolah mengharuskan guru bimbingan dan konseling memperhatikan penyusunan manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa disekolah yang bertujuan untuk kebaikan siswa-siswanya sehingga bisa menjalani kehidupan disekolah dengan efektif serta efisien.
Fokus penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana Perencanaan Manajemen Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Suci Panti Jember. 2). Bagaimana penerapan manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Suci Panti Jember
Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan Perencanaan Manajemen Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Suci Panti Jember. 2). Mendeskripsikan penerapan manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Suci Panti Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Perencanaan bimbingan dan konseling bertujuan mencapai hasil sesuai kebutuhan siswa dan mempermudah pelaksanaan kegiatan. Layanan bimbingan belajar diorganisir dengan baik, melibatkan konselor berpengalaman yang memberikan dukungan holistik. Pengelompokan siswa dalam layanan bimbingan kelompok menunjukkan kepekaan madrasah terhadap perbedaan kebutuhan siswa. dengan evaluasi berkala dan sinergi antar elemen sekolah menunjukkan komitmen untuk meningkatkan bimbingan secara berkelanjutan.2). Penerapan manajemen bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Suci Panti Jember bertujuan menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung kedisiplinan siswa secara holistik. Kedisiplinan tidak hanya tentang menegakkan aturan, tetapi juga membentuk karakter siswa. Pendekatan kolaboratif melibatkan semua pihak di sekolah dalam merencanakan strategi kedisiplinan. Evaluasi berkala yang melibatkan pengawasan, umpan balik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050101 Ecological Impacts of Climate Change
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:24
Last Modified: 01 Jul 2024 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34603

Actions (login required)

View Item View Item