Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Permainan Tebak Gambar Materi Pengantar Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Rahayu, Nitis Manggih (2024) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Permainan Tebak Gambar Materi Pengantar Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-031-IPA-2024)
Nitis Manggih Rahayu_T201710057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran; Permainan Tebak Gambar; Klasifikasi Makhluk Hidup

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 1 Wuluhan telah
memperoleh hasil laporan permasalahan mengungkapkan bahwa setelah dilakukan
wawancara ternyata siswa sering melupakan pelajaran yang telah dijelaskan
sebelumnya, hal ini terjadi ketika guru mencoba untuk menayakan kembali kepada
sementara hasil suurvei kepada siswa didapatkan hasil yaitu: 69,6% dari mereka
mengatakan materi IPA yang ada sulit untuk dipahami, dan 65,2% mengatakan mereka
lebih memahami materi dalam menggunakan media pembelajaran.
Tujuan dari penalitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas terhadap media
pembelajaran berbasis permainan tebak gambar materi pengantar klasifikasi makhluk
hidup untuk siswa kelas VII SMP/MTs.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode penelitian yang
digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D
(Define, Design, Development, dan Dissemination) yang dikembangkan oleh
Thiagarajan. Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Development,
sedangkan pada tahap Dissemination tidak dilakukan. Instrumen pengumpulan data
penelitian yang digunakan berupa daftar periksa dengan skala likert 1-5 untuk menilai
validasi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Subyek uji
coba dalam penelitian ini terdiri atas 1 orang dosen sebagai ahli materi, 1 orang dosen
sebagai ahli media, dan 1 orang dosen sebagai ahli bahasa. Analisis data menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari validasi ahli.

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa validitas pengembangan media
pembelajaran IPA berbasis permainan tebak gambar materi klasifikasi makhluk hidup
berdasarkan penilaian oleh ahli materi mendapatkan nilai 94%, penilaian oleh ahli
media mendapatkan nilai 83%, dan penilaian oleh ahli Bahasa didapatkan nilai 87%.
Hasil dari keseluruhan validasi yaitu didapatkan rata-rata sebesar 88% hal tersebut
menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis permainan tebak gambar materi
klasifikasi makhluk hidup dinyatakan sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060301 Animal Systematics and Taxonomy
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060310 Plant Systematics and Taxonomy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nitis Manggih Rahayu
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:48
Last Modified: 09 Jul 2024 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34613

Actions (login required)

View Item View Item