Komunikasi Persuasif Orang Tua Terhadap Game Mobile Legend Pada Minat Belajar Anak Di Man Kota Pasuruan

Imani, Rizky Maulidhan (2024) Komunikasi Persuasif Orang Tua Terhadap Game Mobile Legend Pada Minat Belajar Anak Di Man Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-045-KPI-2024)
watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Rizky Maulidhan Imani,Dr. Kun Wazis, S.Sos.,M.I.Kom, 2024 : Komunikasi Persuasif Orang Tua Terhadap Game Mobile Legend Pada Minat Belajar Anak Di Man Kota Pasuruan
Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Game Mobile Legend, Minat Belajar Anak.

Perkembangan teknologi semakin maju dan pesat hampir semua orang sudah menggunakan gadget dan internet dalam kegiatan sehari-hari, baik dari segi pekerjaan, pemenuhan informasi, sarana untuk menambah wawasan. Tidak hanya mengenai informasi, internet sendiri juga banyak dipakai untuk sarana hiburan.Dalam segihiburan.
Dengan penggunaan sarana game online Mobile Legend yang terlalu berlebihan maka akan berdampak bagi pemain. Karena game online bersifat sebagai hiburan yang di dalamnya tentu ada kepuasan tersendiri bagi pemain. Sehingga dengan bermain game online Mobile Legend ini akan membuat ketagihan dan ingin mencobanya kembali sampai dia mendapatkan kepuasan atau kemenangan tersebut.
Dampak negatif dari bermain game Mobile Legend salah satunya adalah dapat mengurangi minat belajar siswa. Fenomena ini terjadi di beberapa kalangan, misalnya siswa. Siswa akan bermain game tanpa tau batas waktu yang menyebabkan minatbelajar pada siswa tersebut berkenaan dengan nilai dan prestasi anak di sekolah, peran orang tua sangatlah penting. Selain dalam memberikan pendidikan di rumah, komunikasi antara orang tua dan anak juga menjadi salah satu faktor yang mendukung pencapaian prestasi.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan beberapa permasalahan, diantaranya: a). Bagaimana komunikasi persuasif antara orang tua dan anak terhadap dampak negatif game Mobile Legend pada minat belajar anak di MAN Kota Pasuruan?, Bagaimana upaya orang tua dalam mengurangi dampak negatif game Mobile Legend pada minat belajar anak di MAN Kota Pasuruan?.
Tujuan dari penelitian ini adalah agar Untuk mengetahui komunikasi persuasive antara orang tua dan anak terhadap dampak negatif game Mobile Legend Pada minat belajar anak di MAN Kota Pasuruan, Untuk mengetahui upaya orang tua dalam mengurangi dampak negatif game Mobile Legend pada minat belajar anak di MANKota Pasuruan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta untuk analisis data menggunakan Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian Data, Kesimpulan dan Verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa a) Komunikasi persuasif orang tua dengan anak yaitu dengan memberi penjelasan dampak jika kecanduan Game Mobile Legend, mengarahkan anaknya supaya tidak lalai dalam pelajaran sekolah, mendidik anak dengan lembut agar tutur katanya didengar dan di terapkan olehanaknya. b). Peran orang tua sangat penting maka melakukan beberapa hal agar anak tidak kecanduan gadget dan game online yaitu dengan cara mendampingi, mengawasi dan memberikan komunikasi terbuka. Upaya orang tua agar anak terhindar dari dampaknya game Mobile Legend yaitu dengan melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalkan penggunaan ponsel pada anak.
Kunci:KomunikasiPersuasif, Game MobileLegend,MinatBelajarAnak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Rizky Maulidhan Imani
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:16
Last Modified: 12 Aug 2024 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34614

Actions (login required)

View Item View Item