Analisis Usaha Mikro Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran di Suwar Suwir Doho Sumbersari Jember

Muwafiqoh, Ainur (2024) Analisis Usaha Mikro Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran di Suwar Suwir Doho Sumbersari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainur Muwafiqoh_E20192079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Analisis, UMKM, Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, Pengangguran.

Fokus dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana pengembangan UMKM dalam meningkatkan perekonomian daerah Sumbersari Jember? 2) Bagaimana pengembangan UMKM dalam mengentaskan tingkat kemiskinan dan pengangguran di Sumbersari Jember?.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengembangan UMKM dalam meningkatkan perekonomian daerah Sumbersari Jember. 2) Untuk mengetahui pengembangan UMKM dalam mengentaskan kemiskian dan pengangguran di Sumbersari Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam proses menentukan narasumber disini peneliti menggunakan teknik purposive yang mana dalam penentuan narasumber mempertimbangkan yang dianggap peneliti mampu memberikan informasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan penelitian.
Hasil dari peneltian ini adalah bahwa UMKM Suwar-suwir Doho merupakan usaha turun temurun yang memproduksi makanan khas Jember yakni suwar-suwir dari bahan utama tape singkong. Usaha ini dalam pengelolaannya menggunakan tahap pemilihan produk, aspek produksi, ditribusi, hingga pemasaran yang secara historis berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman dalam strateginya. Bentuk kontribusi yang dilakukan UMKM Suwar-suwir Doho ini adalah dengan memanfaatkan SDM yang ada disekitar lokasi tempat berdirinya yakni di wilayah Sumbersari Jember. Lebih lanjut UMKM ini tidak menentukan kriteria khusus dalam merekrut tenaga kerja. Hingga sekarang terdapat 12 karyawan yang bekerja di UMKM ini dengan latar belakang masyarakat menengah kebawah perekonomiannya serta pengangguran dan juga masyarakat yang baru lulus sekolah menengah atas. Terbukti bahwa setelah bekerja disana, tenaga kerja dapat lebih sejahtera perekonomiannya hingga dapat memebuhi kebutuhan keluarganya. Maka diakhir implikasinya jika masyarakat semakin sejahtera, secara tidak langsung akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ms Ainur Muwafiqoh
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:22
Last Modified: 28 Jun 2024 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34621

Actions (login required)

View Item View Item