Emotional Intelligence Dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Tematik)

Arifin, Akhmad Zainul (2024) Emotional Intelligence Dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Tematik). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Akhmad Zainul Arifin Watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Emosi, Kecerdasan Emosional (EI), Al-Qur’an, Daniel Goleman.

Penelitian Daniel Goleman menyatakan kecerdasan intelektual menyumbang 20% untuk kesuksesan, sedangkan 80% yang lain dapat diperoleh dari kecerdasan emosional (EI). Al-Qur’an tentunya telah menjelaskan terkait kecerdasan emosional, akan tetapi belum sepenuhnya dipahami oleh para pembacanya. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis tertarik untuk menelaah dan merefleksikan konsep kecerdasan emosional yang terkandung di dalam Al-Qur’an.
Penelitian ini berfokus pada beberapa rumusan masalah. Pertama, bagaimana konsep kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an? Kedua, Bagaimana analisis kecerdasan emosional model Goleman terhadap kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an? Ketiga, Apa implikasi kajian kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk mendeskripsikan konsep kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an. Kedua, Untuk menganalis korelasi kecerdasan emosional model Goleman terhadap konsep kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an.. Ketiga, Untuk menjelaskan implikasi dari kajian kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metodologi tafsir tematik akademik yaitu dengan menghimpun ayat-ayat yang memiliki keterkaitan indikator kecerdasan emosional. Peneliti juga menggunakan pendekatan deskriptif-analitis dengan teori kecerdasan emosional Daniel Goleman untuk menganalisa ayat-ayat yang memiliki keterkaitan dengan komponen-komponen dari teori tersebut.
Penelitian ini memperoleh tiga kesimpulan. Pertama, konsep kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an mencakup lima komponen yaitu, kesadaran diri, penguasaan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Kedua, kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an memuat aspek keimanan dan ketakwaan sebagai penyempurna kecerdasan emosional. Ketiga, kajian kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an menemukan konsep spiritualisasi kecerdasan emosional, karena mengaitkan hubungan metapersonal (manusia dan Tuhan) dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr Akhmad Zainul Arifin
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:20
Last Modified: 28 Jun 2024 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34626

Actions (login required)

View Item View Item