Arini, Hidayati (2020) Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Menghafal Hadits Untuk Mengembangkan Daya Ingat Kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
Arini Hidayati_T20165028.pdf Download (16MB) |
Abstract
Arini Hidayati, 2020: Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Menghafal Hadits Untuk Mengembangkan Daya Ingat Kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Pembelajaran Hadits merupakan ruang lingkup materi pendidikan agama Islam di Raudhatul Athfal (RA). Pembelajaran menghafal Hadits dengan metode bernyanyi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh guru atau pendidik dalam menyajikan materi pelajaran Hadits dengan cara melantunkan syair-syair berupa lafadz Hadits yang dilagukan. Hal tersebut agar memudahkan peserta didik dalam menguasai atau memahami materi Hadits sekaligus menghafalnya. Dengan menerapkan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits diharapkan mampu mencapai hasil pembelajaran dan sebagai media hiburan peserta didik dalam kegiatan menghafal yang dapat mengembangkan daya ingat peserta didik. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember yang menerapkan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits. Fokus masalah yang diteliti di skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember tahun ajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember tahun ajaran 2019/2020?, 3) Bagaimana evaluasi penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember tahun ajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember tahun ajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember tahun ajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Ulul Albab Mangli Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, menganalisis penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Raudatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember tahun ajaran 2019/2020. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Perencanaan penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember yaitu pemilihan materi Hadits, metode yang akan digunakan, membuat lagu untuk metode bernyanyi yang sesuai dengan lafadz Hadits, serta alokasi waktu pada jadwal pelajaran yang disusun pada perangkat pembelajaran. 2) Pelaksanaan penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember dengan dilaksanakan pada kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Upaya yang dilakukan dalam mengembangkan daya ingat pada peserta didik dengan menerapkan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits diawali dengan pemberian lafadz Hadits secara sepenggal-penggal dan berulang-ulang, diiringi dengan gerakan tangan untuk memberikan makna dari lafadz Hadits. Setelah itu barulah menghafal Hadits menggunakan metode bernyanyi secara keseluruhan lafadz Hadits, 3) Evaluasi penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Hadits untuk mengembangkan daya ingat kelompok B Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember dapat dilihat dan diketahui dari evaluasi tes dan non tes. Evaluasi tes dapat dilihat di buku prestasi peserta didik, dan evaluasi non tes dilakukan melalui observasi guru yang dilakukan setiap harinya dan dicatat kedalam lembar penilaian perkembangan peserta didik. Kata kunci: metode bernyanyi dan daya ingat kelompok B
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 08:02 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 08:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3464 |
Actions (login required)
View Item |