Analisis Penyajian Laporan Keuangan berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Syariah Nomor 101 pada BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Umbulsari Tahun 2022-2023

Khoiriyah, Siti (2024) Analisis Penyajian Laporan Keuangan berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Syariah Nomor 101 pada BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Umbulsari Tahun 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN Kh Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
khoir_wm.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan didunia perbankkan semakin meningkat, akan tetapi perbankkan masih belum mampu menjangkau ekonomi kebawah yang lemah sehingga terbentuklah lembaga keuangan mikro yang berbasis syariah yakni Baitul Mall Wattamwill ( BMT ), salah satunya merupakan BMT UGT Nusantara, Di BMT UGT Nusantara terdapat beberapa produk pembiayaan dan penyimpanan. BMT UGT Nusantara cabang pembantu Umbulsari memberikan pelayanan yang sangat baik kepada masyarakat terbukti dengan banyak masyarakat yang menggunakan produk lembaga ini sehingga jumlah aset BMT UGT Nusantara cabang pembantu Umbulsari semakin meningkat. Untuk memberikan kepuasan kepada publik BMT UGT Nusantara cabang pembantu Umbulsari perlu menyajikan laporan keuangan yang benar untuk memudahkan pihak-pihak baik internal maupun eksternal membaca penyajian laporan keuangan dan dapat dijadikan salah satu penarik kepercayaan masyarakat untuk terus memakai produk pelayanan di BMT UGT Nusantara cabang pembantu Umbulsari.

Berdasarkan latar belakang masalah, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan diantaranya: (1). Bagaimana penyusunan laporan keuangan pada BMT UGT Nusantara cabang pembantu Umbulsari? (2). Apakah penyusunan laporan keuangan pada BMT UGT Nusantara cabang pembantu Umbulsari sesuai dengan PSAK Nomor 101?
Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui penyusunan laporan keuangan BMT UGT Nusantara cabang pembantu Umbulsari. (2). Untuk mengetahui apakah dalam penyajian laporan keuangan sudah sesuai dengan PSAK No. 101.

Metode dalam penelitian yang digunakan merupakan pedekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian untuk keabhasan data menggunakan trianggulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan: (1) BMT UGT Nusantara cabang pembantu Umbulsari sudah menyajikan laporan keuangan walaupun hanya terdapat 3 jenis laporan keuangan yaitu laporan posisi keuangan, laporan laba rugi dan laporan arus kas. (2) penyajian laporan keuangan BMT UGT Nusantara cabang pembantu Umbulsari kurang lengkap kalau dilihat dari jumlah laporan keuangan akuntansi yang perlu dibuat berdasarkan PSAK No. 101, juga dalam laporan yang sudah dibuat terdapat nama-nama pos yang tidak sesuai dengan nama-nama di pos-pos PSAK No. 101.

Kata kunci: penyajian laporan keuangan berdasarkan PSAK Syariah No. 101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Siti Khoiriyah
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:04
Last Modified: 28 Jun 2024 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34644

Actions (login required)

View Item View Item