Hasanah, Humidatul (2024) Implementasi Bimbingan Belajar Orang Tua Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK-040-TADRIS-IPS-2024)
Hummidatul Hasanah_T20179076-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Hummidatul Hasanah, 2024:” Implementasi Bimbingan Belajar Orang Tua Pada
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Desa Pringgondani Kecamatan
Sumberjambe Kabupaten Jember ”.
Kata Kunci :Bimbingan belajar, Orang tua, Mata Pelajaran IPS.
Bimbingan belajar adalah bimbingan yang ditujukan kepada siswa untuk
mendapat pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat,
kemampuannya dan membantu siswa untuk menentukan cara-cara yang efektif
dan efisien dalam mengatasi masalah belajar yang dialami oleh siswa.
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran orang tua terhadap
bimbingan belajar pada mata pelajaran IPS di Desa Pringgondani, Kecamatan
Sumberjambe, Kabupaten Jember.2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi
penghambat dan pendorong dalam implementasi bimbingan belajar pada mata
pelajaran IPS di Desa Pringgondani, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten
Jember.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mngetahui Bagaimana peran orang
tua terhadap bimbingan belajar pada mata pelajaran IPS di Desa Pringgondani,
Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui Faktor-faktor
apa saja yang menjadi penghambat dan pendorong dalam implementasi
bimbingan belajar pada mata pelajaran IPS di Desa Pringgondani, Kecamatan
Sumberjambe, Kabupaten Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data
menggunakan pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, Penarikan
Kesimpulan / Verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan
triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Orang Tua terhadap
bimbingan belajar Anak membutuhkan adanya peran dan juga bimbingan belajar
dari orang tua sebagai pendamping anak belajar ketika di rumah, melalui
bimbingan belajar tersebut anak dapat menyalurkan aspirasi, keluh kesahserta
dukungan belajar yang didapat oleh orang tuanya. 2) Faktor penghambat dan
pendorong dalam implementasi bimbingan belajar. Pemberian dorongan atau
motivasi orang tua kepada anak , banyak cara mulai dari pemberian pujian atau
semangat, pemberian hadiah/reward, membiarkan anak menyalurkan ke dalam
hobinya yang bersifat positif, bertanya seputar kegiatan belajar disekolah dan
selalu mendukung apa yang disukai anak selagi bernilai positif. Hambatan belajar
yang terjadi pada orang tua yaitu sibuknya waktu orang tuas bekerja, anak yang
susah diajak belajar, tidak sempat mengajari anak, adanya pengaruh lingkungan ,
mood anak yang berubah-ubah, anak yang sangat aktif , anak yang susah
berkonsentrasi dan banyaknya alasan anak ketika diajak belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Hummidatul Hasanah |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 06:44 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 08:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34645 |
Actions (login required)
View Item |