Efek Komunikasi ChatGPT Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa KPI Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Angkatan 2020

Gymnastiar, Azib (2024) Efek Komunikasi ChatGPT Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa KPI Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Angkatan 2020. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI-AZIB HILMI GYMNASTIAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Azib Hilmi Gymnastiar, 2024 : Efek Komunikasi ChatGPT dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa KPI Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Angkatan 2020

Kata Kunci : Efek, Komunikasi ChatGPT, Proses Pembelajaran.

Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang, salah satunya adalah ChatGPT. ChatGPT merupakan sistem kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan jawaban berbentuk teks yang menyerupai bahasa manusia. ChatGPT ini marak digunakan dan menjadi kebutuhan khusus dalam menyelesaikan tugas kuliah, terutama oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2020. Penggunaan ChatGPT menimbulkan pro dan kontra di kalangan akademisi karena dapat menjadi peluang maupun tantangan dalam proses pembelajaran. Ketergantungan mahasiswa pada ChatGPT dapat menimbulkan efek kompetensi akademik mereka selama proses pembelajaran.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana ChatGPT digunakan oleh mahasiswa KPI Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Angkatan 2020 dalam proses pembelajaran? 2) Bagaimana efek penggunaan ChatGPT pada mahasiswa KPI Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Angkatan 2020 dalam proses pembelajaran?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana ChatGPT digunakan oleh mahasiswa KPI Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Angkatan 2020 dalam proses pembelajaran. 2) Untuk mengetahui bagaimana efek penggunaan ChatGPT pada Mahasiswa KPI Fakultas Dakwah di UIN KHAS Jember Angkatan 2020 dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini terdapat empat tahapan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa 1.) penggunaan komunikasi ChatGPT pada pengajuan prompt dengan formula yang jelas, fokus, dan memahami masalah. 2) Ketergantungan pada ChatGPT memiliki efek positif seperti peningkatan pemahaman dan motivasi belajar, serta efek negatif seperti penurunan kemampuan berpikir, rasa malas dalam menyelesaikan tugas, serta jarang berkomunikasi dengan dosen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Azib Hilmi Gymnastiar
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:33
Last Modified: 28 Jun 2024 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34669

Actions (login required)

View Item View Item