Strategi Penyelenggaraan Haji Umroh dalam Mengurangi Angka Pembatalan Haji di Kementerian Agama Kabupaten Jember

Hafidzatul, Mu'tamiroh (2024) Strategi Penyelenggaraan Haji Umroh dalam Mengurangi Angka Pembatalan Haji di Kementerian Agama Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI Hafidzatul Mu'tamiroh final (1).pdf

Download (21MB)

Abstract

Haji menjadi kewajiban bagi setiap orang muslim yang berakal dan memiliki kemampuan dalam pelaksanaannya baik secara finansial ataupun fisik. Haji ialah ziarah ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu yang rangkaian ibadahnya diselenggarakan dengan syariat dan waktu yang telah ditentukan. Pemerintah memberikan pelayanan khusus untuk umat Islam yang hendak melakukan haji. Pelayanan haji tersebut dinaungi oleh Kementerian Agama. Adanya Covid-19 menjadi awal jamaah haji banyak mengajukan pembatalan haji. Awal tahun 2023 angka pembatalan haji di Kabupaten Jember kurang lebih mencapai 300 jamaah. Ketidaksinkronan antara jumlah pendaftar dan pembatalan akan mempengaruhi pada pengelolaan keuangan haji. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab pembatalan haji dan strategi yang dilakukan oleh Penyelenggaraan Haji Umroh dalam menghadapi tingginya angka pembatalan haji di Kabupaten jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Pembatalan haji di Kabupaten Jember masih terus terjadi. Pembatalan haji disebabkan karena berbagai faktor mulai dari ekonomi, usia, kesehatan, meninggal dunia, dan lain sebagainya. Strategi yang diterapkan oleh PHU dalam mengurangi angka pembatalan haji yaitu mengedukasi jamaah, koordinasi dengan penyuluh KUA, KBIHU, dan agen travel haji umroh, serta sosialisasi melalui media massa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Hafidzatul Hafidzatul Mu'tamiroh
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:51
Last Modified: 28 Jun 2024 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34677

Actions (login required)

View Item View Item