Manajemen Pendidik Profesional Di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2023/2024

UMAM, HANIFUL (2024) Manajemen Pendidik Profesional Di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2023/2024. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS HANIFUL UMAM watermark baru.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Haniful Umam, 2023, “Manajemen Pendidik Profesional Di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2023/2024” Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjan. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pembimbing I : Dr. Sarwan, M.Pd.
Pembimbing II : Dr. Subakri M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen pendidik professional

Manajemen pendidik merupakan faktor yang sangat menentukan kualitas pendidkan. Kualitas pendidikyang diperlukan pada era yang serba moderen seperti sekarang ini tentunya tidak lahir dengan sekejap, akan tetapi membutuhkan proses yang didalamnya diperlukan program pendidikan yang mengarah kepada pengadaan, pembinaan dan pengembangan kualitas pendidik.
Fokus Penelitian diatas yaitu 1. Bagaimana Perencanaan Pendidik Profesional Di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2023/2024? 2. Bagaimana Rekrutmen dan Seleksi Pendidik Profesional di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2023/2024? 3. Bagaimana Pelatihan dan Pengembangan Pendidik Profesional di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2023/2024?
Tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan perencanaan Pendidik Profesional Di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2023/2024, Rekrutmen dan seleksi Pendidik Profesional Di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2023/2024, dan Pelatihan dan pengembangan Pendidik Profesional di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember tahun 2023/2024
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian lapang. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam tesis ini adalah metode observasi, interview, dan dokumenter,. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, selanjutnya data diuji kebsahannya menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode, member check dan focus group discussion.
Berdasarkan temuan penelitian, hasil penelitian dalam tesis ini yaitu 1) perencanaan pendidik dalam menjadikan pendidik profesional terlebih dahulu melakukan analisis kebutuhan, analisis jabatan, analisis beban kerja dan dilakukan analisis kelebihan dan kekurangan pendidik 2) Rekrutmen dan Seleksi Pendidik Profesional di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember dalam merekrut pegawai lebih menekankan kepada analisis beban kerja 3) Pelatihan dan pengembangan Pendidik Profesional di Sekolah Menengah Kejuruan Darus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember dilakukan setiap ada kesempatan yang diberikan pemerintah dan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: HANIFUL UMAM UMAM
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:26
Last Modified: 28 Jun 2024 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34682

Actions (login required)

View Item View Item