Pembelajaran Holistik Dalam Membangun Kecerdasan Spiritual Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember

Khoiriyah, Dianing Arifatul (2024) Pembelajaran Holistik Dalam Membangun Kecerdasan Spiritual Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dianing Arifatul Khoiriyah_213206030032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam tujuan pendidikan nasional disebutkan jika pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.Untuk itu sudah seharusnya pendidikan dijalankan dengan cara sistematis dengan menitik beratkan pada pengembangan potensial anak yang dilakukan secara utuh dan menyeluruh. Sebagai makhluk yang diciptakan dengan sebaik-baiknya wujud maka dari itu iperlukan pendidikan untuk menyasar segala potensi tersebut. Hal ini menunjukkan jika pembelajaran holistik penting diterapkan dalam pendidikan kita sebab sudah seharusnya siswa dibantu untuk mengembangkan segala aspek dari dirinya.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana materi pembelajaran holistik dalam membangun kecerdasan spiritual siswa pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember? (2) Bagaimana metode pembelajaran holistik dalam membangun kecerdasan spiritual siswa pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember? (3) Bagaimana strategi pembelajaran holistik dalam membangun kecerdasan spiritual siswa pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumetasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana yakni condensation, data display, dan conclusion. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Materi pembelajaran holistik di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember secara konten tidak ada perubahan yakni tetap sesuai dengan silabus yang ada. Namun lebih difokuskan pada penyampaiannya yang diintegrasikan dengan materi dipelajaran lain yang masih serumpun. 2) Metode pembelajaran holistik merupakan perpaduan dari beragam metode pembelajaran yang digunakan yakni metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab. 3) Strategi pembelajaran holistik merupakan cara yang dirancang oleh guru untuk mewujudkan siswa yang menjadi individu utuh dengan menggunakan pendekatan pemberian contoh, pendekatan pengamatan, dan pendekatan pembiasaan.
Kata Kunci: Pembelajaran Holistik, Kecerdasan Spiritual, Pembelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Dianing Arifatul Khoiriyah
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:57
Last Modified: 02 Jul 2024 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34687

Actions (login required)

View Item View Item