Analisis Penggunaan Aplikasi Account-Q Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Pada Primer Koperasi TNI-AL Koarmada II Surabaya

Sari, Dini Kumala (2024) Analisis Penggunaan Aplikasi Account-Q Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Pada Primer Koperasi TNI-AL Koarmada II Surabaya. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-034-AKSYA-2024)
Dini Kumala Sari_205105030015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Aplikasi account-Q adalah program aplikasi yang dirancang secara khusus untuk mengelola pencatatan transaksi keuangan. Aplikasi ini digunakan oleh para akuntan perusahaan untuk mengelola data-data seputar transaksi agar lebih mudah. Dengan adanya aplikasi Account-Q dapat membantu dalam pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan agar berjalan secara efektif dan efisien serta menghasilkan informasi keuangan yang relevan, akurat dan juga andal untuk meminimalisir resiko-resiko atau kerugian koperasi serta sasaran koperasi dapat tercapai.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu : 1)Bagaimana penggunaan aplikasi account-Q pada Primer Koperasi TNI-AL Koarmada II Surabaya?, 2)Bagaimana kualitas dan akuntabilitas keuangan pada Primer Koperasi TNI-AL Koarmada II Surabaya setelah menerapkan aplikasi account-Q tersebut?
Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui penggunaan aplikasi acccount-Q pada Primer Koperasi TNI-AL Koarmada II Surabaya, 2) Untuk mengetahui kualitas dan akuntabilitas keuangan pada Primer Koperasi TNI-AL Koarmada II Surabaya setelah menerapkan aplikasi account-Q tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian ini adalah Primer Koperadi TNI-AL Koarmada II Surabaya. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu Ibu Candrasari selaku sekretaris Koperasi, Bapak Bambang Mudjito selaku ketua bendahara, Ibu Titik selaku kaur buku, dan Ibu Nirwana selaku operator aplikasi Account-Q. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan keuangan pada Primer Koperasi TNI-AL Koarmada II Surabaya dengan menggunakan aplikasi account-Q sampai saat ini bisa dikatan cukup efektif sesuai dengan teori efektivitas yang terdiri dari 5 indikator yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu,tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Kualitas dan akuntabilitas keuangan pada Primer Koperasi TNI-AL Koarmada II Surabaya dengan aplikasi account-Q sesuai dengan Peraturan pemerintan no.71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan yang mana laporan keuangan yang berkualitas harus memuat beberapa unsur yang terdiri dari relevan, andal, dapat dipahami dan dapat dibandingkan. Sedangkan untuk unsur-unsur akuntabilitas terdiri dari integritas keuangan, pengungkapan dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Kata Kunci: Kualitas, Akuntabilitas, Aplikasi Account-Q, Koperasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Dini Kumala Sari
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:57
Last Modified: 01 Jul 2024 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34698

Actions (login required)

View Item View Item