Penggunaan Prinsip Kehati-Hatian (Precautionary Principle) dalam Tindak Pidana Lingkungan Hidup Perspektif Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam

Ramadhani, Nadjiha Fressa (2024) Penggunaan Prinsip Kehati-Hatian (Precautionary Principle) dalam Tindak Pidana Lingkungan Hidup Perspektif Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-025-HPI-2024)
SKRIPSI NADJIHA FRESSA R._205102040005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Prinsip Kehati-Hatian, Tindak Pidana, Lingkungan Hidup, Hukum Pidana Islam.

Perkara kebakaran hutan dan lahan masih terus meningkat hingga saat ini. Upaya hukum dan penegakan hukum sering mengalami berbagai hambatan dalam proses pembuktian. Akibatnya, banyak kasus pembakaran hutan dan lahan yang tidak mendapatkan sanksi yang sesuai, seperti yang terjadi dalam putusan No. 3840 K/Pid.Sus.Lh/2021.
Sehingga peneliti menarik fenomena hukum diatas dalam 3 (tiga) rumusan masalah diantaranya; (1) Bagaimana dasar pertimbangan hakim terhadap pelaku tindak pidana lingkungan hidup Nomor 3840 K/Pid.Sus.Lh/2021?, (2) Bagaimana analisis dasar pertimbangan hakim terkait penggunaan prinsip kehati-hatian dalam putusan tindak pidana lingkungan hidup Nomor 3840 K/Pid.Sus.Lh/2021berdasarkan perspektif hukum positif ?, (3) Bagaimana analisis dasar pertimbangan hakim terkait penggunaan prinsip kehati-hatian dalam putusan tindak pidana lingkungan hidup Nomor 3840 K/Pid.Sus.Lh/2021 berdasarkan perspektif hukum pidana islam ?. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penggunaan prinsip kehati-hatian dan dasar pertimbangan hakim serta melihat putusan tersebut dari perspektif nilai keadilan, kepastian hukum, dan manfaat bagi lingkungan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis normatif. Dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus dan pendekatan konseptual. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data primer dan sekunder atau studi pustaka, yang mengacu pada pengumpulan data dari buku, dokumen, catatan, laporan, termasuk putusan pengadilan dan peraturan undang-undang yang relevan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Bahwa hakim dalam Putusan No. 3840 K/Pid.Sus.Lh/2021 menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh pemohon dan menguatkan putusan pengadilan tingkat pertama yang memutus bebas PT. Kumai Sentosa karena tidak terbukti bersalah. Alasannya adalah terjadinya kebakaran di areal PT.Kumai Sentosa bukan merupakan faktor kesengajaan akan tetapi disebabkan oleh adanya kebakaran yang berasal dari Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang merembet ke areal PT. Kumai Sentosa sehingga hal itu bukan bentuk kesengajaan dari PT.Kumai Sentosa. Oleh karena itu hakim dalam memandang hal tersebut bukan merupakan bentuk kesengajaan yang dilakukan oleh PT.Kumai Sentosa akan tetapi karena adanya faktor alamiah. 2) Dalam Putusan No. 3840 K/Pid.Sus.Lh/2021 Penulis berpendapat dalam mengadili perkara a quo majelis hakim mengabaikan prinsip kehati-hatian, seharusnya hakim menerapkan ketentuan Pasal 99 ayat 1 berkaitan dengan adanya kelalaian yang dilakukan oleh PT.Kumai Sentosa karena perusahaan tersebut tidak melakukan upaya pencegahan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran di areal lahan perkebunan PT. Kumai Sentosa. 3) Ditinjau dari perspektif hukum pidana islam bahwa tindak pidana lingkungan hidup dalam putusan No. 3840 K/Pid.Sus.Lh/2021 ini tidak diatur secara rinci bentuk pidananya sebagaimana dalam ketentuan Al-Qur’an maupun Hadits, namun tindak pidana kerusakan lingkungan hidup termasuk dalam kategori jarimah ta’zir. Perlunya pemidanaan terhadap pelaku perusakan lingkungan hidup sesuai dengan tujuan Maqashid Asy-Syariah yaitu hifdzu bi’ah (menjaga lingkungan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180111 Environmental and Natural Resources Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Nadjiha Nadjiha Fressa Ramadhani
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:30
Last Modified: 17 Jul 2024 05:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34715

Actions (login required)

View Item View Item