SEPTI, NADIROTULAILI (2021) Implementasi Metode Field Trip Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 MI Al-Ihsan Full Day School Balung Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Septi Nadirotulaili_T20174038.pdf Download (9MB) |
Abstract
Septi Nadirotulaili, 2021 : Implementasi Metode Field Trip Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 MI Al-Ihsan Full Day School Balung Jember. Kata Kunci: Metode Field Trip, Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang disetiap pembelajarannya berdasarkan tema, dalam K13 pembelajaran tematik sebagai mata pelajarannya. Pembelajaran tematik dalam penerapannya perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran yang digunakan pendidik kelas 1 dalam pembelajaran tematik adalah field trip. Field trip merupakan metode yang dilakukan dengan kunjungan ke tempat-tempat dan obyek-obyek tertentu dengan tujuan memahamkan materi pembelajaran tematik dengan melihat langsung benda-benda secara kongkrit. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan metode field trip pada pembelajaran tematik di kelas 1 MI Al-Ihsan Full Day School Balung Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan metode field trip pada pembelajaran tematik di kelas 1 MI Al-Ihsan Full Day School Balung Jember? 3) Bagaimana evaluasi metode field trip pada pembelajaran tematik di kelas 1 MI Al-Ihsan Full Day School Balung Jember? Tujuan dari penelitian ini di antaranya adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan implementasi Metode Field Trip Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 MI Al-Ihsan Full Day School Balung Jember. 2) mendeskripsikan pelaksanaan implementasi Metode Field Trip Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 MI Al-Ihsan Full Day School Balung Jember. 3) mendeskripsikan evaluasi implementasi Metode Field Trip Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 MI Al-Ihsan Full Day School Balung Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) perencanaan metode field trip pada pembelajaran tematik di kelas 1 MI Al-Ihsan full day school Balung Jember yaitu observasi,interview dan diskusi objek metode field trip, menentukan objek dan membuat petunjuk kerja, menyusun silabus, menyusun RPP dan menyiapkan perlengkapan pembelajaran metode field trip 2) pelaksanaan metode field trip pada pembelajaran tematik di kelas 1 MI Al-Ihsan full day school Balung Jember meliputi kegiatan pembuka/pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Implementasi metode field trip diterapkan pada kegiatan inti. 3) evaluasi metode field trip pada pembelajaran tematik di kelas 1 MI Al-Ihsan full day school Balung Jember yaitu penilaian sikap (afektif), penilaian pengetahuan (kognitif) dan penilaian keterampilan (psikomotorik). Penilaian sikap dilakukan dalam mata pelajaran PKN (gotong royong), penilain pengetahuan dilakukan dalam mata pelajaran bahasa indonesia (membuat kalimat perintah) dan PKN (menentukan kebenaran kalimat yang menyatakan sikap dari sila ketiga) dan penilaian keterampilan dilakukan dalam mata pelajaran SBDP (pembuatan karya seni 3 dimensi) dan mata pelajaran matematika (hasil lembar kerja peserta didik dalam menimbang menggunakan alat sederhana).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 02:14 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 02:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3473 |
Actions (login required)
View Item |