Peran Duta Genre Dalam Mengedukasi Kespro (Kesehatan Reproduksi) Remaja di SMAN 4 Jember

Faradilla, Ismi Indina (2024) Peran Duta Genre Dalam Mengedukasi Kespro (Kesehatan Reproduksi) Remaja di SMAN 4 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ISMI INDINA FARADILLA_D20193005-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ismi Indina Faradilla, 2024: Konseling Kelompok Duta Genre Dalam Mengedukasi Kespro (Kesehatan Reproduksi) Remaja di SMAN 4 Jember
Di era modernisasi seperti sekarang, kesehatan reproduksi masih sering dianggap hal yang tabu untuk dibahas. Padahal, menjaga kesehatan reproduksi sangatlah penting bagi remaja yang belum menikah, terutama remaja perempuan. Namun, tidak hanya perempuan saja, tapi bagi laki-lakipun sama pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Duta Genre menjadi salah satu bagian dari remaja lainnya untuk menyambung pesan dari BKKBN kepada para remaja agar memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini yakni 1). Apa saja peran Duta Genre dalam mengedukasi kespro remaja di SMAN 4 Jember? 2) Apa saja pengalaman Duta Genre dalam mengedukasi kespro remaja di SMAN 4 Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui peran Duta Genre dalam mengedukasi kespro remaja di SMAN 4 Jember. 2). Untuk mengetahui pengalaman Duta Genre dalam mengedukasi kespro remaja di SMAN 4 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles & Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dalam penelitian ini yaitu peran Duta Genre adalah sebagai role model dalam pembentukan karakter remaja, mengajak remaja menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah, serta penyalahgunaan narkoba atau menjelaskan materi-materi yang belum remaja ketahui. Selanjutnya pengalaman yang dimiliki Duta Genre adalah terlibat melakukan penyuluhan dengan semangat, mengadakan acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Selain itu, Duta Genre menjadi agen perubahan agar bisa mengembangkan inovasi untuk menyampaikan pesan edukatif dan mendukung kesehatan reproduksi. Duta Genre juga menggunakan metode pembelajaran yang efektif seperti bermain peran agar penyampaian materi bisa diterima dengan baik oleh remaja. Tetapi, terkadang ada remaja yang belum paham dengan kata-kata yang jarang didengar. Hambatan seperti ini sama sekali tidak mengurangi semangat Duta Genre dalam menjelaskan lagi secara detail tentang hal-hal yang belum dimengerti oleh remaja.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Duta Genre, Kesehatan Reproduksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Skripsi Ismi Indina Faradilla
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:10
Last Modified: 28 Jun 2024 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34753

Actions (login required)

View Item View Item