Hubungan Antara Psychological Capital Dan Inovasi Produk Dengan Perkembangan Usaha Pada UMKM Di Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi

Krisna Putra, Bisma Indra (2024) Hubungan Antara Psychological Capital Dan Inovasi Produk Dengan Perkembangan Usaha Pada UMKM Di Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitar Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bisma Indra Krisna Putra_D20195059.pdf

Download (23MB)

Abstract

Bisma Indra Krisna Putra, 2022: Hubungan Psychological Capital Dan Inovasi Produk Dengan Perkembangan Usaha Pada UMKM Di Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi

Kata Kunci: Psychological Capital, Inovasi Produk, Perkembangan Usaha

Perkembangan usaha dapat mencakup fase pertumbuhan yang positif dan berkelanjutan, namun juga dapat membawa tantangan dan risiko yang perlu dikelola secara bijak untuk menjamin keberlanjutan dan kesuksesan usaha dalam jangka panjang. Tentunya wirausaha perlu memiliki mentalitas yang kuat dan keyakinan (psychological capital) agar dapat menghadapi tantangan dan risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan perkembangan usaha. Selain itu wirausaha perlu terus-menerus mengembangkan produk atau layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang berubah dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif, inovasi produk yang berkelanjutan dapat membantu memastikan keberlanjutan dan kesuksesan usaha dalam jangka panjang.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui hubungan psychological capital dengan perkembangan usaha pada UMKM di Kecamatan Singojuruh. 2) Untuk mengetahui hubungan inovasi produk dengan perkembangan usaha pada UMKM di Kecamatan Singojuruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengambialn sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment.
Hasil penelitian menunjukkan nilai sig 0.428 > 0.05 maka dapat di interpretasikan tidak terdapat hubungan antara psychological capital dengan perkembangan usaha. Dan nilai sig 0.284 > 0.05 maka dapat di interpretasikan tidak terdapat hubungan antara inovasi produk dengan perkembangan usaha. Dari hasil tersebut menunjukkan rendahnya psychological capital pelaku usaha dapat menghalangi langkah proaktif dalam pengembangan usaha. Sehingga potensi untuk mencari solusi dan memperbaiki produk menjadi terhambat, yang berakibat perkembangan usahanya menjadi stagnan. Juga kurangnya fokus pada inovasi dapat menghambat perkembangan dan keunggulan kompetitif jangka panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Bisma Indra Krisna Putra
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:14
Last Modified: 01 Jul 2024 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34779

Actions (login required)

View Item View Item