Analisis Rasio Finansial Untuk Mengukur Financial Perfomance Sebelum Dan Saat Pandemi Covid 19 Tahun 2017 - 2022 Pada Koperasi Serba Usaha PGRI “Mitra Usaha” Arjasa Jember

Rohmah, Faikhotur (2024) Analisis Rasio Finansial Untuk Mengukur Financial Perfomance Sebelum Dan Saat Pandemi Covid 19 Tahun 2017 - 2022 Pada Koperasi Serba Usaha PGRI “Mitra Usaha” Arjasa Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faikhotur Rohmah_E20193138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Current Ratio, Debt To Equity Ratio Return On Assets, Finansial Perfomance.
Pandemi Covid-19 memberikan dampak signifikan pada sektor ekonomi, termasuk koperasi. Meski demikian, beberapa koperasi berhasil bertahan dan bahkan tumbuh di tengah krisis. Berdasarkan fenomena dan riset sebelumnya, penelitian akan dilakukan terkait kinerja keuangan Koperasi Serba Usaha PGRI Mitra Usaha Arjasa Jember sebelum dan selama pandemi, dengan tujuan memberikan insight bagi manajemen dan stakeholder dalam mengambil keputusan strategis di masa mendatang.
Rumusan masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana kinerja keuangan Koperasi Serba Usaha PGRI Mitra Usaha Arjasa Jember sebelum pandemi Covid-19 dengan menggunakan rasio finansial? 2) Bagaimana kinerja keuangan Koperasi Serba Usaha PGRI Mitra Usaha Arjasa Jember selama pandemi Covid-19 dengan menggunakan rasio finansial? 3) Bagaimana perbandingan kinerja keuangan Koperasi Serba Usaha PGRI Mitra Usaha Arjasa Jember Sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19 tahun 2017 – 2022 dengan menggunakan rasio finansial?.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis kinerja keuangan Koperasi Serba Usaha PGRI MitraUsaha Arjasa Jember sebelum pandemi Covid 19 dengan menggunakan rasio finansial. 2) Untuk menganalisis kinerja keuangan Koperasi Serba Usaha PGRI Mitra Usaha Arjasa Jember pada saat pandemi Covid-19 dengan menggunakan rasio finansial. 3) Untuk menganalisis perbandingan kinerja keuangan Koperasi Serba Usaha PGRI Mitra Usaha Arjasa Jember Sebelum dan pada saat Pandemi Covid 19 tahun 2017 – 2022 dengan menggunakan rasio finansial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan komparatif. Populasi dan sampel yaitu Koperasi Serba Usaha Pgri “ Mitra Usaha” Arjasa Jember dengan data Laporan Keuangan Sebelum Dan Selama Pandemi Covid 19. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan jenis data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Rentabilitas.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu sebelum pandemi Covid 19, Koperasi Serba Usaha PGRI Mitra Usaha Arjasa Jember memiliki kinerja keuangan yang impresif dengan likuiditas kuat, sedikit ketergantungan pada hutang, dan kemampuan untuk mengkonversi aset menjadi keuntungan dengan efisien. Akan tetapi selama pandemi, koperasi mengalami beberapa perubahan signifikan dalam kinerjanya. Meski likuiditasnya meningkat, menandakan kemampuan yang lebih baik dalam memenuhi kewajiban jangka pendek, solvabilitasnya menunjukkan peningkatan ketergantungan pada hutang. Rasio rentabilitas koperasi menurun, tetapi tetap menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan keuntungan meski dengan intensitas yang lebih rendah. Keseluruhan gambaran kinerja keuangan koperasi selama pandemi mencerminkan adaptasi dan ketahanan di tengah tantangan yang diberikan oleh situasi pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Faikhotur Rohmah
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:17
Last Modified: 01 Jul 2024 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34787

Actions (login required)

View Item View Item