Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nirlaba Berdasarkan ISAK 35 Pada Masjid Roudhotul Muchlisin Jember

Najah, Yasiroh Yumnah (2024) Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nirlaba Berdasarkan ISAK 35 Pada Masjid Roudhotul Muchlisin Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yasiroh Yumnah Najah_E20193076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Akuntansi, Pengelolaan Keuangan Masjid, ISAK 35
Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia telah resmi mengesahkan ISAK 35 (Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan 35) pada tanggal 11 April 2019 dan berlaku efektif 1 Januari 2020 sebagai standarisasi Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nirlaba. Masjid merupakan salah satu organisasi nirlaba, sehingga diharuskan membuat laporan keuangan sesuai dengan penyajian yang ada pada ISAK 35. Penyajian itu terdiri dari: Laporan Posisi Keuangan, Laporan Perubahan Aset Neto, Laporan Penghasilan Komprehensif, Laporan Arus Kas dan Catatan atas Laporan Keuangan. Masjid Roudhotul Muchisin dalam pencatatannya masih menggunakan catatan sederhana. Dana yang diperoleh dari Masjid Roudhotul Muchlisin berasal dari infaq jumat, donatur, penyyewaan stand, kajian, dan lain sebagainya yang menggunakan fasilitas masjid.
Penelitian ini fokus pada 1) Bagaimana pengelolaan keuangan Masjid Roudhotul Muchlisin Jember? 2) Bagaimana penyajian laporan keuangan Masjid Roudhotul Muchlisin Jember Menurut ISAK 35?
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengelolaan keuangan Masjid Roudhotul Muchlisin Jember. 2) Untuk mengetahui penyajian laporan keuangan Masjid Roudhotul Muchlisin Jember menurut ISAK 35.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang mengasilkan data deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana penelitian ini untuk mengetahui fenomena yang ada di Masjid Roudhotul Muchlisin.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa 1) Masjid Roudhotul Muchlisin dalam mengelola keuangan dilakukan dengan baik, transparan dan Amanah 2) Penyajian laporan keuangan Masjid Roudhotul Muchlisin Jember masih menggunakan catatan sederhana berupa jurnal mingguan dengan format excel dan belum mengunakan standar yang ada yaitu ISAK 35 (Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan 35). Hal ini disebabkan karena pengurus Masjid Roudhotul Muchlisin Jember belum mengenal ISAK 35.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Y. Yumnah Najah
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:23
Last Modified: 01 Jul 2024 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34791

Actions (login required)

View Item View Item