Penerapan Program INLISLite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember

Nabilla, Enggi Ainun (2024) Penerapan Program INLISLite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-068-MPI-2024)
ENGGI AINUN NABILLA 201101030022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam era digitalisasi, penerapan sistem informasi telah menjadi suatu keharusan bagi perpustakaan untuk meningkatkan efisiensi operasional. Salah satunya dengan menggunakan Program INLISLite yang digagas langsung oleh Perpustakaan Nasional. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember merupakan salah satu lembaga yang berupaya mengadopsi perkembangan teknologi informasi untuk menunjang pelayanan perpustakaan.
Fokus penelitian ini ialah 1) Bagaimana penerapan program INLISLite pada aspek kualitas sistem di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember? 2) Bagaimana penerapan program INLISLite pada aspek kualitas informasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember? 3) Bagaimana penerapan program INLISLite pada aspek kualitas layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan program INLISLite pada aspek kualitas sistem di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan program INLISLite pada aspek kualitas informasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember. 3) Untuk mendeskripsikan penerapan program INLISLite pada aspek kualitas layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, yang menggunakan tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada tahap kesimpulan bahwa 1) Penerapan program INLISLite pada aspek kualitas sistem di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember yang meliputi response time, reliability, accuracy, completeness, dan ease of use sudah terlaksana, namun belum maksimal terutama dalam hal kehandalan jaringan internet. 2) Penerapan program INLISLite pada aspek kualitas informasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember. bisa dikatakan sudah terlaksana secara reliable, relevan, timely, completeness, dan understandable. Hal ini menunjukkan kesesuaian program dengan kebutuhan pengguna dan kontribusinya dalam meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas penggunaan informasi di lingkungan perpustakaan. 3) Penerapan program INLISLite pada aspek kualitas layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember sudah mencakup aspek reliablity, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles meliputi perangkat komputer yang memadai, staf yang ahli dan program penunjang berupa INLISLite. Namun alangkah baiknya jika di tingkatkan infrastruktur jaringan internet dan update secara berkala agar memastikan program tetap fungsi secara optimal.
Kata Kunci: Penerapan, Program INLISLite, Sistem Informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Enggi Ainun Nabilla
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:09
Last Modified: 02 Jul 2024 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34818

Actions (login required)

View Item View Item