Pengaruh Kesadaran Diri dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi dengan Etos Kerja Islam Sebagai Variabel Intervening di PT Maritim Batubara Pertama Cabang Paiton Probolinggo

Sundosia, Iin (2024) Pengaruh Kesadaran Diri dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi dengan Etos Kerja Islam Sebagai Variabel Intervening di PT Maritim Batubara Pertama Cabang Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IIN SUNDOSIA_204103040016.pdf

Download (41MB)

Abstract

Iin Sundosia, 2024, Pengaruh Kesadaran Diri dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi dengan Etos Kerja Islam Sebagai Variabel Intervening di PT Maritim Batubara Pertama Cabang Paiton Probolinggo.
Kata kunci : Kesadaran Diri; Lingkungan Kerja; Etos Kerja Islam; Komitmen Organisasi
Rendahnya etos kerja Islam dan komitmen organisasi di PT Maritim Batubara Pertama menyebabkan pelanggaran peraturan. Hal ini disebabkan oleh lingkungan kerja yang buruk, tingginya tingkat stres akibat beban kerja berlebihan, dan ketidakseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi karyawan. Selain itu, rendahnya kesadaran diri karyawan tercermin dari kurangnya inisiatif untuk meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan atau pelatihan. Sikap tidak proaktif ini menghambat pencapaian visi dan misi perusahaan, karena keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan menjadi terabaikan.
Tujuan penelitian ini mencakup : 1) Menganalisis pengaruh kesadaran diri terhadap etos kerja Islam karyawan di PT Maritim Batubara Pertama. 2) Menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap etos kerja Islam karyawan di PT Maritim Batubara Pertama. 3) Menganalisis pengaruh kesadaran diri terhadap komitmen organisasi karyawan di PT Maritim Batubara Pertama. 4) Menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan di PT Maritim Batubara Pertama. 5) Menganalisis pengaruh etos kerja Islam terhadap komitmen organisasi karyawan di PT Maritim Batubara Pertama. 6) Menganalisis pengaruh kesadaran diri terhadap komitmen organisasi melalui etos kerja Islam karyawan di PT Maritim Batubara Pertama. 7) Menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi melalui etos kerja Islam karyawan di PT Maritim Batubara Pertama.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode sampel jenuh atau total sampling dengan total 92 responden. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis). Pengolahan data menggunakan bantuan software komputer berupa aplikasi SPSS Versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kesadaran diri dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap etos kerja Islam. Kesadaran diri dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Etos kerja Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Etos kerja Islam memediasi pengaruh kesadaran diri terhadap komitmen organisasi, etos kerja Islam juga memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Iin Sundosia
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:49
Last Modified: 01 Jul 2024 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34835

Actions (login required)

View Item View Item