Pengaruh Merek, Spesifikasi Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Pada Mahasiswa Angkatan 2021 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddik Jember

NUR AINI, PUTRI (2024) Pengaruh Merek, Spesifikasi Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Pada Mahasiswa Angkatan 2021 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddik Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-138-ES-2024)
Putri Nur Aini _201105020001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Hadirnya smartphone ini tentunya membawa perubahan besar pada kehidupan masyarakat termasuk pada kalangan Mahasiswa. Sekarang ini, smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi tetapi juga digunakan untuk kebutuhan sosial dan pekerjaan. Tidak hanya itu, smartphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Karena itu, tak heran jika strategi pemasaran perusahaan smartphone salah satunya yaitu merek, spesifikasi produk, serta harganya yang sesuai dengan manfaatnya dapat berhasil menarik konsumen, khususnya mahasiswa angakatan 2021 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Smartphone? 2) Apakah spesifikasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Smartphone? 3) Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Smartphone? 4) Apakah merek, spesifikasi produk, dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Smartphone?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pengaruh merek terhadap keputusan pembelian produk Smartphone. (2) Untuk menjelaskan pengaruh spesifikasi produk terhadap keputusan pembelian produk Smartphone. (3) Untuk menjelaskan pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk Smartphone. (4) Untuk menjelaskan pengaruh merek, spesifikasi produk, dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Smartphone.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampelnya menggunakan Simple Random Sampling dengan penentuan sampel sebanyak 360 dihasilkan dari rumus Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang diolah alat analisis IBM SPSS Statistics 25 dengan analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel merek (X1), spesifikasi produk (X2), dan harga (X3) secara simultan berpengaruh positif terhadap Keputusan pembelian produk smartphone (Y). Secara parsial variabel merek (X1), spesifikasi produk (X2), dan harga (X3) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk smartphone (Y). dengan koefisien determinasi R2 sebesar 0,386 yang artinya 38,6% Keputusan pembelian produk smartphone di pengaruhi oleh merek, spesifikasi produk, dan harga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Nur Aini
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:54
Last Modified: 02 Jul 2024 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34836

Actions (login required)

View Item View Item