Upaya Mengatasi Kecemasan Berbicara di depan Umum melalui Pelatihan Public Speaking di Kelas Public Speaking for Moms di The Jannah Institute

Nurhasanah, Nung (2024) Upaya Mengatasi Kecemasan Berbicara di depan Umum melalui Pelatihan Public Speaking di Kelas Public Speaking for Moms di The Jannah Institute. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI NURHASANAH PSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nurhasanah, 2024 : Upaya Mengatasi Kcemasan Berbicara Melalui Pelatihan Public speaking di Kelas Public Speaking for Moms di The Jannah Institute

Kata Kunci: Kecemasan Berbicara, Pelatihan, Public Speaking

Salah satu permasalahan yang dimiliki oleh orang yang akan berbicara di depan umum adalah kecemasan berbicara. Dan hal ini dirasakan oleh sebgain orang dan kalangan, tak terkecuali bagi seorang ibu. Ibu dengan segala multitalsking nya banyak berperan diberbagai ranah, sebagai ibu rumah tangga maupun ibu karir. Hanya saja kecemasan berbicara di depan umum masih menjadi hambatan bagi Ibu. Sehingga dibutuhkannya bagaimana upaya yang tepat dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum. Melalui berbagai macam cara seperti destinisasi positif, restrukturisasi kognitif, dan juga pelatihan keterampilan bicara.
Fokus penelitiannya adalah apa saja faktor-faktor penyebab kecemasan berbicara di depan umum yang dialami oleh peserta kelas public speaking for moms?, apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi kcemasan berbicara di depan umum oleh peserta kelas public speaking for moms?, dan bagaimana metode pelatihan public speaking di kelas public speaking for moms di The Jannah Institute membantu mengurangi kecemasan berbicara di depan umum bagi peserta kelas public speaking for moms?
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkab kecemaan berbicara di depan umum, untuk mengetahui upaya apa saja yang perlu dilkaukan untuk mengatasi kecemasan berbicara di depan umum, dan untuk mengetahui metode pelatihan public speaking di Kelas Public Speaking for Moms di The Jannah Institute.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, dengan penentuan populasi dan sampel menggunakan teknik purposive samplinig, yaitu empat peserta kelas, satu trainer, dan satu facilitator di kelas public speaking for moms. Dalam mengumpulkan datanya menggunakan teknik observasi ,wawancara, dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan
Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat faktor-faktor terjadinya kecemasan berbicara yaitu pengalaman negatif dan pikiran tidak rasional. Adapun upaya dalam mngatasi kemasan berbicara di depan umum adalah dengan melakukan desensitisasi sistimatis yakni adanya latihan sebelum berbicara di depan umum, restrukturisasi kognitif yaitu mengubah cara berfikir, dan mengikuti pelatihan keterampilan berbicara. Pelatihan keterampilan yang bisa menjadi upaya dalam mengatasi kecemasan berbicara adalah pelatihan public speaking di The Jannah Institute. Pelatihan public speaking lebih efektif menggunkan metode pelatihan berupa on the job training, meliputi metode coaching dan penugasan sementara,dan off the job training menggunaka metode lecture dan bermain peran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Nurhasanah Nung Nur
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:28
Last Modified: 01 Jul 2024 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34863

Actions (login required)

View Item View Item