Optimalisasi Sistem Informasi Manajemen Pada Aplikasi Talenta Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan Di Pt Maritim Batubara Pertama, Cabang Paiton Probolinggo

Hanifah, Lia (2024) Optimalisasi Sistem Informasi Manajemen Pada Aplikasi Talenta Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan Di Pt Maritim Batubara Pertama, Cabang Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lia Hanifah_204103040022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lia Hanifah, 2024: Optimalisasi Sistem Iformasi Manajemen Pada Aplikasi Talenta Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan Di PT Maritim Batubara Pertama, Cabang Paiton Probolnggo
Kata Kunci: Optimalisasi Sistem Informasi Manajemen, Kedisiplinan Karyawan.
Perkembangan teknologi informasi telah menjadi aspek yang sangat penting dalam era modern, karena alat pengolahan data yang dapat menghasilkan informasi yang relevan dan akurat telah menjadi sangat penting dalam berbagai bidang. Salah satu contohnya adalah penerapan Aplikasi Talenta sebagai sistem pencatatan kehadiran. Di PT Maritim Batubara Pertama, pengelolaan data dan kehadiran karyawan dilakukan secara elektronik. Langkah ini diambil dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin, efisiensi pegawai, serta pengelolaan dan manajemen perusahaan secara lebih efektif. Pada tahun 2023, PT Maritim Batubara Pertama sistem presensi menggunakan Aplikasi Talenta, yang merupakan Aplikasi berbasis Android yang telah terbukti banyak digunakan oleh berbagai perusahaan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana optimalisasi sistem informasi manajemen pada Aplikasi Talenta untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan di PT Maritim Batubara Pertama, Cabang Paiton Probolinggo. 2) Bagaimana kelemahan dan kelebihan sistem informasi manajemen pada Aplikasi Talenta untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan di PT Maritim Batubara Pertama, Cabang Paiton Probolinggo
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan optimalisasi sistem informasi manajemen pada Aplikasi Talenta dalam meningkatkan kedisiplinan di PT Maritim Batubara Pertama, Cabang Paiton Probolinggo. 2) Untuk mengevaluasi kelebihan dan kelemahan sistem informasi manajemen Aplikasi Talenta dalam meningkatkan kedisiplinan karyawan di PT Maritim Batubara Pertama, Cabang Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan porposive sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan untuk keabsahan data dalam penelitian ini, menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini, yakni sebagai berikut Fitur Aplikasi Talenta di PT Maritim Batubara Pertama sangat efektif. Sistem yang disediakan seiring berjalan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini sangat membantu dari segi monitoring hingga approval yang dapat dilakukan secara mandiri oleh atasan melalui handphone. Sehingga penerapan Aplikasi ini sudah cukup baik dan membuat karyawan dapat menjadi lebih disiplin dan terbantu dengan menggunakan Aplikasi tersebut. Bentuk kedisiplinan karyawan dalam presensi online tercermin dari ketepatan waktu jam kerja, datang tepat waktu serta pulang sesuai jam yang telah ditentukan. Kemudian Aplikasi Talenta ini sangat memudahkan tim HR dalam mengakumulasi data kehadiran karyawan untuk proses payroll di setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lia Hanifah
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:45
Last Modified: 01 Jul 2024 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34866

Actions (login required)

View Item View Item