Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa BCD Yayasan Peduli Anak Cacat Kaliwates Jember

Firmansyah, Ade Imda (2024) Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa BCD Yayasan Peduli Anak Cacat Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ade Imda Firmansyah_D20183038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan keluarga adalah pendidikan yang utama. Keluarga memegang peranan penting dalam kehidupan anak termasuk anak berkebutuhan khusus seperti anak tunagrahita. Anak tunagrahita memerlukan peranan orang tua untuk mendapatkan pendidikan yang layak untuk dapat menguasai bidang akademik maupun non akademik. Selain bidang akademik, bidang non akademik seperti bakat atau minat anak tunagrahita juga harus mendapatkan peran penting dari orang tua. Karena dengan bakat itulah prestasi dapat dimunculkan. Hal ini menjadi sesuatu yang penting karena anak tunagrahita serimgkali di pandang sebelah mata oleh masyarakat. Fokus penelitian ini yakni 1) Bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan bakat anak tunagrahita di SMPLB BCD YPAC Kaliwates Jember, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam mengembangkan bakat anak tunagrahita di SMPLB BCD YPAC Kaliwates.Tujuan penelitiannya yakni 1) Untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan bakat anak tunagrahita di SMPLB BCD YPAC Kaliwates Jember, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam mengembangkan bakat anak tunagrahita di SMPLB BCD YPAC Kaliwates.Peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan, kemudian keabsahan datanya dengan triangulasi sumber dan teknik.Kesimpulan dari hasil penelitian yang ditemukan yakni peran orang tua dalam mengembangkan bakat anak tunagrahita di SMPLB BCD YPAC Kaliwates Jember meliputi peran motivator, fasilitator, dan mediator. Faktor pendukungnya yakni faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Faktor penghambatnya meliputi kondisi ekonomi keluarga, kondisi anak tunagrahita, dan keinginan orang tua yang tidak sejalan dengan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ade Firmansyah
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:11
Last Modified: 03 Jul 2024 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34876

Actions (login required)

View Item View Item