Analisis Pemanfaatan Lahan Sawah Dengan Akad Sewa Menyewa Secara Tahuanan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember

Sofiah, Alfiah Tus (2024) Analisis Pemanfaatan Lahan Sawah Dengan Akad Sewa Menyewa Secara Tahuanan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-021-HES-2024)
SKRIPSI ALFIAH TUS SOFIAH WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Alfiah Tus Sofiah, 2023: Analisis Pemanfaatan Lahan Sawah Dengan Akad Sewa Menyewa Secara Tahuanan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Akad, Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Dalam fiqih Islam sewa menyewa disebut dengan ijarah. Ijarah secara etimologi adalah menjual manfaat. Sedangkan menurut istilah sewa menyewa adalah suatu akad yang berarti pengambilan manfaat sesuatu dengan jalan memberikan imbalan dalam jumlah tertentu sesuai dengan perjanjian. Jadi, ijarah (sewa menyewa) adalah suatu bentuk kegiatan sewa menyewa barang yang telah ditentukan jangka waktunya dengan sistem pembayaran yang ditangguhkan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripi ini adalah : 1. Bagaimana bentuk pemanfaatan lahan sawah dengan akad sewa menyewa secara tahunan di desa sumberpakem kecamatan sumberjambe kabupaten jember dalam persepektif hukum ekonomi syariah ? 2. Bagaimana biaya pemanfaatan lahan sawah di desa sumber pakem kecamatan sumber jambe kabupaten jember dalam persepektif hukum ekonomi syariah ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Bagaimana bentuk pemanfaatan lahan sawah dengan akad sewa menyewa secara tahunan di desa sumberpakem kecamatan sumberjambe kabupaten jember dalam persepektif hukum ekonomi syariah 2. Bagaimana biaya pemanfaatan lahan sawah di desa sumberpakem kecamatan sumberjambe kabupaten jember dalam persepektif hukum ekonomi syariah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mempermudah peneliti dalam meneliti objek penelitian, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan serta menghasilkan gambaran akurat serta pengetahuan yang dapat digunakan dalam mendeskripsikan tentang suatu gejala atau fenomena yang terjadi di lapangan. Dan untuk jenis penelitian ini adalah field reseach yang artinya penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau langsung pada responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Bentuk pemanfaatan lahan sawah di Desa SumberPakem Kecamatan SumberJambe Kabupaten Jember sesuai dengan syarat dan rukun sewa menyewa (ijarah), bentuk pemanfaatan lahan sawah diserahkan penuh kepada pihak penyewa tanpa campur tangan pihak pemilik sawah. Jangka waktu pemanfaatan lahan sesuai dengan persetujuan kedua belah pihak. 2) Biaya pemanfaatan lahan sawah dengan akad sewa menyewa yang ada di Desa Sumberpakem sesuai dengan manfaat ada suka rela (ijab qobul) dari kedua belah pihak; semakin luas lahan sawah maka biaya sewa juga lebih mahal; dan juga ditentukan dari jangka waktu lahan sawah yang akan disewakan. Sistem pembayaran lahan sawah dibayar secara tunai oleh pihak penyewa sesuai dengan persetujuan pihak pemilik sawah dan pihak penyewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Alfiah Tus Sofiah
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:46
Last Modified: 16 Jul 2024 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34889

Actions (login required)

View Item View Item