Strategi Meningkatkan Jumlah Muzakki Di BAZNAS Kabupaten Jembrana

Moh., Ubay Dillah (2024) Strategi Meningkatkan Jumlah Muzakki Di BAZNAS Kabupaten Jembrana. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Moh. Ubay Dillah_204103040027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jembrana merupakan salah satu lembaga yang di bentuk oleh pemerintah untuk mengelola zakat yang berpotensi dalam membangun perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Zakat memiliki manfaat dalam masalah pembangunan perekonomian umat dan tidak sekedar menyantuni fakir miskin secara konsumtif akan tetapi juga memiliki manfaat dalam masalah pengentasan kemiskinan yang bersifat jangka panjang melalui pengumpulan dana dari para muzakki. Akan tetapi realita yang terjadi di lapangan masih banyak para muzakki yang memilih menyalurkan zakatnya kepada para mustahiq secara langsung tanpa harus melalui lembaga pengelola zakat.
Fokus dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana strategi BAZNAS Kabupaten Jembrana dalam meningkatkan jumlah muzakki ?. 2) Bagaimana dampak dari strategi BAZNAS Kabupaten Jembrana ?. 3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari strategi BAZNAS Kabupaten Jembrana ?
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk menganalisis strategi BAZNAS Kabupaten Jembrana ?. 2) Untuk menganalisis dampak dari strategi BAZNAS Kabupaten Jembrana ?. 3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dari strategi BAZNAS Kabupaten Jembrana ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi dalam penelitian ini bertempat di Badan Amil Zakat Naisonal Kabupaten Jembrana. Adapun dalam penentuan subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Penelitian ini sampai pada satu kesimpulan yaitu: 1). Strategi meningkatkan jumlah muzakki di BAZNAS Kabupaten Jembrana dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: a). Formulasi strategi melalui survei masyarakat. b). Implementasi strategi melalui pembentukan penanggung jawab. c). Evaluasi strategi melalui rapat yang diadakan disetiap dua bulan sekali. 2). Dampak strategi yang diterapkan oleh BAZNAS Kabupaten Jembrana yaitu: a). Mengembalikan potensi jumlah muzakki yang mengalami ketidakstabilan di Kabupaten Jembrana. b). Meningkatkan pengetahuan muzakki terkait BAZNAS. 3). Faktor pendukung dan penghambat strategi BAZNAS Kabupaten Jembrana yaitu: Faktor Pendukung a). Sebagai lembaga penyelenggara pemerintah. b). Memiliki asset yang memadai. c). menawarkan program unggulan kepada masyarakat yaitu program dana bergulir. Faktor Penghambat a). Kurangnya kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS b). Rendahnya kepedulian pemerintah kepada BAZNAS. c). Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap kewajiban membayar zakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Moh Ubay Dillah
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:45
Last Modified: 01 Jul 2024 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34893

Actions (login required)

View Item View Item