Pengembangan Usaha Owina Es Krim Di Desa Gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember Dalam Prespektif Ekonomi Islam

Soleh, Badrus (2024) Pengembangan Usaha Owina Es Krim Di Desa Gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember Dalam Prespektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN KH. Achnad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-006-ES-2024)
BADRUS watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Badrus Soleh, Muhammad Saiful Anam ,2023: “Pengembangan Usaha Owina Es krim Gambirono Dalam Prespektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Es Krim, Prespektif Ekonomi Islam.
Pengembangan adalah proses, cara, perbuatan mengembangkan usaha yang terencana dari organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan pegawai. Pengembangan lebih di tekankan pada peningkatan pengetahuan untuk melakukan pekerjaan pada masa yang akan datang, yang dilakukan melalui pendekatan yang terintergrasi dengan kegiatan lain untuk mengubah perilaku kerja.
Rumusan maalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengembangan usaha Owina es krim di Desa Gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember dalam prespektif ekonomi islam? (2) Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Pengembangan Usaha mekanisme Owina es Krim di Desa Gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripikan pengembangan usaha Owina es krim di Desa Gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember dalam prespektif ekonomi islam. (2) Untuk mendeskripsikan Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Pengembangan Usaha mekanisme Owina es Krim di Desa Gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif.Pendekatan kualitatif menggambarkan masalah berdasarkan data, yang kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi data. Dan Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil kesimpulan : (1) Pengembangan usaha Owina es krim di Desa Gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember dalam prespektif ekonomi islam, melakukan pengembangan uaha dengan cara sebagai berikut: Melakukan pengembangan produk dengan meningkatkan kualitas atau memodifikasi produk yang sudah ada agar penjualan dapat meningkat. Pengembangan Pasar, dengan mengirimkan owina es krim ke berbagai daerah. (2) Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Pengembangan Usaha mekanisme Owina es Krim di Desa Gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember Di bawah ini adalah beberapa strategi yang digunakan oleh para usaha owina es krim dalam mengembangkan usahanya dikaji dari perspektif Ekonomi Islam yaitu jujur, profeional, silaturahmi, menunaikan shadaqah, infaq.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Badrus Soleh
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:03
Last Modified: 02 Jul 2024 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34896

Actions (login required)

View Item View Item