Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Islam Di Pasar Labuhan Kecamatan Seraseh Kabupaten Sampang

Rozi, Fahrur (2024) Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Islam Di Pasar Labuhan Kecamatan Seraseh Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSIIII ROZII FIXXX2 - WATERMAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fahrur Rozi, Khamdan Rifa’i, 2024: Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Islam Di Pasar Labuhan Kecamatan Seraseh Kabupaten Sampang.
Kata Kunci: Potensi Pasar, Strategi Pengembangan, Pasar Tradisional
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi antara penjual-pembeli secara langsung dan ada proses tawar menawar, yang terdapat pula bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar.
Penelitian ini berfokus pada 1. Bagaimana potensi pasar Labuhan untuk meningkatkan ekonomi Masyarakat dalam perspektif Islam di Desa Labuhan Kecamatan Sereseh Kabupaten Sampang. 2. Bagaimana Strategi Pengembangan pasar tradisional untuk meningkatkan ekonomi Masyarakat dalam perspektif Islam di Desa Labuhan Kecamatan Sereseh Kabupaten Sampang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mengetahui potensi pasar Labuhan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dalam perspektif Islam di Kecamatan Sereseh Kabupaten Sampang. 2. Mengetahui strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan ekonomi Masyarakat pasar Labuhan Kecamatan Sereseh Kabupaten Sampang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui potensi pasar labuhan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dalam prespektif islam di kecamatan sereseh Kabupaten Sampang, dan untuk mengetahui strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan Ekonomi masyarakat pasar labuhan kecamatan sereseh Kabupaten Sampang.
Metode penelitian yang digunakan ialah metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik deskriptif serta untuk menguji keabsahan datanya menggunakan trangulasi sumber dan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pasar di Labuhan berpotensi untuk meningkatkan ekonomi Masyarakat. Pasar labuhan dan tertata rapinya sistem yang ada dapat memeberikan efek positif untuk meningkatkan pendapatan pedagang dan juga terciptanya kenyamanan dan mengurangi persaingan tidak sehat. 2. Adanya strategi pengembangan pasar dengan dibentuknya pengurusan pengelola pasar yang memiliki masing-masing jobdisk untuk melalukakn pemungutan biaya dan pengontrolan produk serta menjaga keamanan pasar berupa kontroling rutin serta bekerjasama dengan pihak juru parkir untuk melakukan pengamanan terhadap kendaraan penjual maupun pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Fahrur Rozi
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:16
Last Modified: 01 Jul 2024 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34901

Actions (login required)

View Item View Item