Penerapan Motode Bahtsul Masail dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Darul Amien Gambiran Banyuwangi

Fauzi, Ahmad Irfan (2024) Penerapan Motode Bahtsul Masail dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Darul Amien Gambiran Banyuwangi. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS AHMAD IRFAN FAUZI-WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Fauzi, Ahmad Irfan. 2024. Penerapan Motode Bahtsul Masail dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Darul Amien Gambiran Banyuwangi. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Rodliyah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I
Kata Kunci: Motode Bahtsul Masail, Kemampuan Berpikir Kritis.
Keterampilan Berpikir Kritis sangat penting dalam menghadapi situasi kompleks di kehidupan nyata. Metode Bahtsul masail mendorong siswa untuk memformulasikan masalah, mengidentifikasi berbagai sudut pandang, dan menyampaikan argumen yang logis, sehingga metode ini mampu melatih siswa untuk berpikir kritis.
Fokus penelitian ini 1) Bagaimana Perencanaan Metode Bahtsul Masail Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fikih di MTs Darul Amien Gambiran Banyuwangi? 2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Bahtsul Masail Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fikih di MTs Darul Amien Gambiran Banyuwangi 3) Bagaimana Evaluasi Metode Bahtsul Masail Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fikih di MTs Darul Amien Gambiran Banyuwangi?. Adapun tujuannya 1) Untuk menganalisis perencanaan Metode Bahtsul Masail Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fikih di MTs Darul Amien Gambiran Banyuwangi. 2) Untuk menganalis pelaksanaan Metode Bahtsul Masail Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fikih di MTs Darul Amien Gambiran Banyuwangi. 3) Untuk menganalisis evaluasi Metode Bahtsul Masail Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fikih di MTs Darul Amien Gambiran Banyuwangi.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan Jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Amien Gambiran Banyuwangi. Adapun subjek dalam penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Fikih, dan Peserta didik MTs Darul Amien Gambiran Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Observasi Partisipasi Pasif, Wawancara Mendalam, dan Dokumentasi. Dengan Teknik analisi data berupa Kondensasi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber, Triangulasi Teknik, dam Membercheck atau pengecekan anggota.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan Metode bahtsul masail direncanakan dalam RPP, mencakup pemilihan materi, metode, media pembelajaran, dan evaluasi untuk mencapai tujuan kurikulum. Fokusnya agar siswa mampu memecahkan masalah, memiliki pengalaman belajar yang baik, dan berpikir kritis. 2) Pelaksanaan Pembelajaran metode bahtsul masail melibatkan pembukaan, perumusan masalah yang relevan, diskusi kelompok untuk bertukar pendapat dan mencari solusi, penyampaian jawaban, refleksi, evaluasi, dan penutup. Diskusi ini membantu siswa memahami konsep fikih lebih baik dan melatih berpikir kritis. 3) Evaluasi dilakukan melalui refleksi materi dan metode untuk memastikan keberhasilan pembelajaran. Guru memberi penilaian pada siswa yang mampu menjelaskan materi dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Ahmad Irfan Fauzi
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:30
Last Modified: 02 Jul 2024 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34902

Actions (login required)

View Item View Item