Rania, Shabrina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-066-PAI-2024)
SKRIPSI RANIA SHABRINA SALSABIL 202101010019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Rania Shabrina Salsabil, 2024 : Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay
terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar Fikih, Madrasah
Aliyah Negeri 2 Jember
Kurangnya variasi model pembelajaran menyebabkan pembelajaran menjadi kurang
menarik dan optimal, sehingga mengkibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran
Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember masih menerapkan pembelajaran konvensional
yang berpusat pada guru, sehingga siswa pasif dan belum mencapai nilai ketuntasan yang
ditetapkan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mengajak siswa berperan
aktif dan tentunya sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang
dapat diterapkan adalah course review horay. Model pembelajaran ini dapat menghidupkan
suasana kelas menjadi semangat dan meriah dengan keaktifan siswa melalui diskusi dan tanya
jawab.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) adakah perbedaan signifikan model
pembelajaran course review horay dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar
Fikih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 2) adakah pengaruh signifikan model
pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas XI Madrasah Aliyah
Negeri 2 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbedaan signifikan antara model
pembelajaran course review horay dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar
Fikih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 2) untuk mengetahui pengaruh
signifikan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas XI
Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan
desain penelitian non-equivalent control group. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji N-
Gain Score, uji normalitas, uji independent sample t-test, uji linearitas, dan uji regresi
sederhana dengan bantuan SPSS for windows versi 25.0
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Hasil uji N-Gain Score diperoleh nilai (mean)
sebesar 62,95% artinya penggunaan model pembelajaran course review horay pada mata
pelajaran Fikih bab pernikahan dalam Islam tergolong cukup efektif. 2) Hasil uji independent
sample t-test nilai (sig. 2-tailed) sebesar 0,009 artinya Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan model pembelajaran course review horay
pada mata pelajaran Fikih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 3) Hasil uji
linearitas diperoleh nilai (sig) 0,330 artinya ada hubungan linear secara signifikan antara model
pembelajaran course review horay dan hasil belajar siswa. 4) Hasil uji regresi sederhana
diperoleh nilai (sig 2-tailed) sebesar 0,007 artinya Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran course review horay terhadap
hasil belajar Fikih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rania Shabrina Salsabil |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 06:36 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34910 |
Actions (login required)
View Item |