Peran koperasi Binor Jaya Abadi (BJA) Paiton untuk meningkatkan ekonomi karyawan dalam tinjauan Ekonomi Islam

Melinia, Raudatul (2024) Peran koperasi Binor Jaya Abadi (BJA) Paiton untuk meningkatkan ekonomi karyawan dalam tinjauan Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, Uin khas.

[img] Text (SK-007-ES-2024)
SKRIPSI RAUDATUL MELINIA PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Raudatul Melinia, M.F Hidayatullah, S.H.I, M.S.I, M.Pd.I; Perananan Koperasi Binor Jaya Abadi (BJA) Paiton untuk Meningkatkan Ekonomi Karyawan dalam Tinjauan Ekonomi Islam.
Dewasa ini peran koperasi menjadi sentral di tengah masyarakat dalam membantu memenuhi kebutuhan hidup hingga meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. terlebih koperasi selalu dikonotasikan sebagai model ekonomi berbasiskan kerakyatan khususnya bagi masyarakat kelas menengah kebawah. Koperasi hari ini menjelma dari berbagai macam model seperti koperasi simpan pinjam, koperasi karyawan dan lain sebagainya. Salah satu koperasi adalah koperasi karyawan binor jaya abadi, persoalannya dengan menjamurnya koperasi hari ini, mampukah meningkatkan ekonomi masyakatat dan kesejahteraan masyarakat.
maka dari itu penelitian ini berupaya untuk mengelaborasi peran koperasi dalam meningkatakn ekonomi karyawan dalam tinjauan ekonomi. maka rumusan masalah yang diajukan adalah pertama, Bagaimana peranan koperasi BJA dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan di PT. BJA dalam tinjauan Ekonomi Islam? kedua, Apa saja kendala Koperasi BJA dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan tersebut? ketiga, Apa saja solusi yang dilakukan Koperasi BJA dalam menanganinya?
Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui peranan koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan Karyawan di PT. Binor Jaya Abadi menurut tinjauan ekonomi Islam. Kedua untuk engetahui kendala Koperasi Binor Jaya Abadi (BJA) dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan. Dan untuk mengetahui solusi yang ditawarkan oleh Koperasi Binor Jaya Abadi (BJA) dalam menanganinya.
Secara khusus penelitian ini berlokasi di koperasi Binor Jaya Abadi (BJA). Dengan metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penetuan informan menggunakan teknik purposif, sedangkan dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data triangulasi sumber.
Adapun hasil yang diperoleh adalah pertama, Koperasi BJA secara umum sudah memenuhi prinsip-prinsip koperasi dalam pandangan islam yang berprinsip pada taawun, ukhuwah dan musyawarah yang diperoleh melalui program-program yang sudah dilakukan. Walaupun pengambilan keuntungan diperoleh melalui bunga. Namun, tidak memberatkan anggota dan karyawan. kedua, Kendala-kendala yang dihadapi oleh koperasi BJA adalah Kekhawatiran gagal bayar dan pangsa pasar yang sangat kecil hanya berkelindan pada anggota dan karyawan. ketiga, Kendala tersebut diselsaikan dengan adanya pembayaran pinjaman dilakukan melalu gaji karyawan ataupun hasil panen anggota yang dijual kepada koperasi setempat. Masalah lain adalah pangsa pasar dari koperasi BJA yang masih sangat terbatas pada anggota dan karyawan koperasi BJA.

Keywords: Peran, Ekonomi Karyawan, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: RAUDATUL MELINIA
Date Deposited: 10 Jul 2024 05:27
Last Modified: 10 Jul 2024 05:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34921

Actions (login required)

View Item View Item