Rofik, Moh (2024) Pemberdayaan Masyarakat Melalui kegiatan Pelatihan Konten kreator YouTube di Dusun Posong Desa Tapen Kecamatan Tapen kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Pengembangan Masyarakat Islam.
Text (SK-011-PMI-2024)
Moh Rofik-D20192019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) |
Abstract
Tingkat pendidikan yang masih terbatas menyebabkan rendahnya kualitas
Sumber Daya Manusia (SDM), yang pada gilirannya menyebabkan pengangguran
dan kemiskinan di antara masyarakat usia produktif, terutama para petani. Situasi
ini semakin memburuk pada tahun 2019 karena munculnya pandemi Covid-19
yang merusak berbagai aspek kehidupan manusia. Dalam menghadapi tantangan
ini, Imam Januar merumuskan sebuah inisiatif untuk mengurangi pengangguran
dan kemiskinan di desanya. Ia melakukan pendampingan dan edukasi kepada
masyarakat, menggunakan platform digital seperti YouTube sebagai konten
kreator untuk mendapatkan penghasilan. Imam belajar secara mandiri untuk
membuat konten, kemudian membagikan pengetahuannya kepada sejumlah orang.
Fokus penelitian skirpsi ini adalah: 1) Bagaimana tahapan pemberdayaan
masyarakat melalui kegiatan pelatihan konten kretor kreator oleh Imam Januar
terhadap masyarakat Dusun Posong? 2) Bagaimana dampak ekonomi
pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pelatihan konten kreator oleh Imam
Januar terhadap masyarakat Dusun Posong?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil data dianalisis menggunakan analisis data induktif model Milles dan
Huberman. Adapun keabsahan diperoleh melalui dua teknik trianggulasi yaitu
trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini 1) Tahapan pemberdayaan masyarakat melalui
kegiatan pelatihan konten kreator YouTube yang dilakukan oleh Imam Januar
melakukan tahapan pemberdayaan masyarakat terhadap masyarakat Dusun
Posong. Pembahasan tahapan adalah tahapan awal yang dilakukan dalam
pemberdayaan masyarakat, yang terdapat kesesuaian antara deskripsi proses yang
dilakukan oleh Imam Januar dengan kajian teori mengenai tahapan pemberdayaan
masyarakat di atas. Tahapan persiapan merupakan rangkaian kegiatan berupa
mempersiapkan pribadi para pemberdaya atau fasilitator dan persiapan tempat
atau lokasi kegiatan program di mana pemberdayaan akan dilangsungkan. 2)
Adapun hasil dari pemberdayaan yang dilakukan juga memberikan dampak besar
pada perubahan ekonomi masyarakat antara sebelum dan sesudah adanya
pemberdayaan. Perubahan kondisi ekonomi tersebut terlihat dari tingkat
pemenuhan kebutuhan dan peningkatan pendapatan masyarakat yang semakin
membaik pasca adanya pemberdayaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100509 Video Communications 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Mr Moh Rofik |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:45 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34936 |
Actions (login required)
View Item |