Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Kelas XI IPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024

Firmilia Dewi, Feby (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Kelas XI IPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-009-TADRIS-BIO-2024)
SKRIPSI FEBY FIRMILIA DEWI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MAN 2 Kota Probolinggo ditemukan bahwa self efficacy siswa kelas XI IPA masih belum pernah diukur, dan jika dilihat dari hasil observasi dan wawancara diindikasikan masih tergolong rendah. Studi awal juga menemukan nilai rata-rata siswa pada materi sistem pernafasan manusia masih di bawah KKM yaitu 75. Temuan itu menandakan bahwa pembelajaran sistem pernafasan manusia di MAN 2 Kota Probolinggo masih butuh dioptimalisasikan, salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran dan media yang tepat. Dalam studi ini, peneliti ingin mencari tahu apakah model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar dapat digunakan untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini adalah. i) Mendeskripsikan self efficacy siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar pada materi sistem pernafasan manusia kelas XI IPA di MAN 2 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2023/2024. ii) Mendeskripsikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar pada materi sistem pernafasan manusia kelas XI IPA di MAN 2 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2023/2024. iii) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar pada materi sistem pernafasan manusia terhadap self efficacy siswa kelas XI IPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024. iv) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar pada materi sistem pernafasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Instrumen pengumpulan pengumpulan data pada variabel self efficacy siswa menggunakan angket dan hasil belajar menggunakan tes. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 2 Kota Probolinggo yang berjumlah 180 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan Purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. i) Self efficacy siswa kelas eksperimen nilai rata-ratanya sebesar 102,44, self efficacy siswa kelas kontrol nilai rata-ratanya sebesar 90,67. ii) Hasil belajar siswa kelas eksperimen nilai rata-ratanya sebesar 89,11, hasil belajar siswa kelas kontrol nilai rata-ratanya sebesar 83,78. iii) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar pada materi sistem pernafasan manusia terhadap self efficacy siswa kelas XI IPA di MAN 2 Kota dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. iv) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar pada materi sistem pernafasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MAN 2 Kota dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Miss Feby Firmilia Dewi
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:41
Last Modified: 08 Jul 2024 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34947

Actions (login required)

View Item View Item