Strategi kepala sekolah dalam mengelola Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar NEGERI SSumberkedawung 1 Leces Probolinggo

Cahyo, Afiffudin (2024) Strategi kepala sekolah dalam mengelola Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar NEGERI SSumberkedawung 1 Leces Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KHAS K.H ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-051-MPI-2024)
AFIFFUDIN CAHYO_202101030016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Afiffudin Cahyo, 2024: Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum
Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Negeri Sumberkedawung 1 Leces
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka Belajar.
Kurikulum Merdeka Belajar adalah inovasi dalam pendidikan Indonesia
yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat belajar siswa.
Kurikulum ini memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih minat belajar
mereka, mengurangi beban akademik, dan mendorong kreativitas guru.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana formulasi strategi
kepala sekolah dalam mengelola kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar
Negeri Sumberkedawung 1 Leces? 2) Bagaimana implementasi strategi kepala
sekolah dalam mengelola kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar Negeri
Sumberkedawung 1 Leces? 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala sekolah dalam
mengelola kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar Negeri Sumberkedawung
1 Leces?
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan formulasi strategi
kepala sekolah dalam mengelola kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar
Negeri Sumberkedawung 1 Leces. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi
strategi kepala sekolah dalam mengelola kurikulum merdeka belajar di Sekolah
Dasar Negeri Sumberkedawung 1 Leces. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi
strategi kepala sekolah dalam mengelola kurikulum merdeka belajar di Sekolah
Dasar Negeri Sumberkedawung 1 Leces.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan model interaktif teori Milles, Huberman dan Saldana
dengan langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan
triangulasi waktu.
Berdasarkan Hasil penelitian ini adalah: Strategi Kepala Sekolah Dalam
Mengelola Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Negeri
Sumberkedawung 1 meliputi: 1) Formulasi strategi kepala sekolah dalam
mengelola kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar Negeri Sumberkedawung,
yang meliputi : a. visi misi: pengembangan karekter dan pemberdayaan siswa, b.
analisis lingkungan: memanfaatkan sumber daya lokal seperti tempat tempat
bersejarah dan alam, c. strategi programnya: meningkatkan motivasi belajar dan
pemahaman konsep 2) Implementasi strategi kepala sekolah dalam mengelola
kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar Negeri Sumberkedawung 1, yang
meliputi : a. kegiatan intrakurikuler, b. ekstrakurikuler: pramuka,seni dan
olahraga, c. kokurikuler: mendaur ulang sampah. 3) Evaluasi strategi kepala
sekolah dalam mengelola kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar Negeri
Sumberkedawung, yang meliputi: a. pengukuran pencapaian tujuan: penilaian
formatif dan sumatifnya, b. pemantauan kedisiplinan: mematuhi peraturan sekolah
dan tata tertib di kelas, c. rapat bulanan dan tahunan: bulanan yang dilaksanakan
kepala sekolah dengan para guru dan tahunan dilaksanakan kepala sekolah dengan
wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Afiffudin Cahyo
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:04
Last Modified: 09 Jul 2024 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34951

Actions (login required)

View Item View Item