Dharma, Novitasari Selvia Vira Eka (2024) Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 03 Jember. Undergraduate thesis, UIN K.H ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK-052-MPI-2024)
Novitasari Selvia Vira Eka Dharma _202101030041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
NOVITASARI SELVIA VIRA EKA DHARMA, 2024: Supervisi Akademik
Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 03 Jember.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru.
Supervisi akademik kepala sekolah dapat mengubah kinerja guru dalam
proses pembelajaran. Supervisi sangat penting bagi dunia pendidikan untuk
memastikan efektivitas dan produktivitas program yang diterapkan. Setidaknya,
ada dua alasan yang mendasari pentingnya supervisi akademik yaitu
pengembangan kurikulum dan pengembangan personal. Oleh karena
profesionalitas guru dalam mengajar sangatlah penting maka hal tersebut tidak
lepas dari supervisi akademik kepala sekolah.
Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan supervisi
akademik kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 03 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik
kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 03 Jember? 3) Bagaimana evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik
kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 03 Jember?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan supervisi
kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 03 Jember, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala
sekolah dalam meningkatan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
03 Jember, 3) Mendeskripsikan evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik
kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 03 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan analisis data kualitatif sesuai teori Milles, Huberman dan
Saldana yakni kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Perencanaan penyusunan program
supervisi akademik melibatkan kepala sekolah, waka managemen mutu, waka
kurikulum dan tim supervisi internal. 2) Pelaksanaan supervisi akademik yaitu
dengan melakukan kunjungan kelas terhadap guru yang akan disupervisi yang
terfokus pada pemeriksaan administrasi pembelajaran, pemantauan jalannya
proses belajar mengajar mulai dari awal hingga berakhirnya pembelajaran 3)
Evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik dilakukan oleh kepala sekolah,
waka managemen mutu, waka kurikulum dan tim supervisi internal diakhir
kegiatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Novitasari Dharma |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:00 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 07:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34954 |
Actions (login required)
View Item |