Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Religius peserta didik di SMK Al-Muien Panti Jember

Hasan, Ismail (2024) Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Religius peserta didik di SMK Al-Muien Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-036-MPI-2024)
ISMAIL HASAN_T20173050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Ismail Hasan, 2024: Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik di SMK Al-Muien Panti Jember.
Kata Kunci: Strategi Kepala sekolah, Budaya religius
SMK Al-Muien sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bernaung di bawah dinas pendidikan, merupakan lembaga yang berusaha menjadikan budaya religius sebagai upaya untuk mewujudkan pendidikan karakter. Termasuk di dalamnya membangun karakter peserta didik dan warga sekola. Dalam membangun budaya religius di sekolah, kepala sekolah melakukan cara atau strategi khusus dan diterapkan di lingkungan sekolah. Adapun strategi yang saya terapkan dalam membangun budaya religius disekolah ini mencakup tiga aspek yakni: aspek fisik, aspek kegiatan, dan aspek sikap. Melihat peranan kepala sekolah yang begitu urgen dalam sebuah lembaga pendidikan penulis tertarik untuk meneliti secara mendalam mengenai keberadaan yang ada di lapangan bagaimana strategi kepala sekolah dalam membangun budaya religius peserta didik.
Adapun fokus penelitian ini terbagi menjadi dua. Pertama, Bagaimana strategi budaya religious peserta didik yang tercipta di SMK Al-Muien Panti Jember. Kedua, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam menjadikan budaya religius peserta didik yang tercipta di SMK Al-Muien Panti Jember. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah pertama untuk mengetahui strategi budaya religious peserta didik yang tercipta di SMK Al-Muien Panti Jember. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menjadikan budaya religius peserta didik yang tercipta di SMK Al-Muien Panti Jember.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yakni primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan yakni koleksi data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Kebasahan data yang digunakan yakni perpanjangan waktu, triangulasi data.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah; Pertama, strategi budaya religius yang terbentuk di SMK Al-Muien Panti Jember menekankan sistem dakwah yang diberikan oleh Rosulullah, agar siswa SMK Al-Muien dapat menularkan kebaikan kepada orang lain. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam menjadikan budaya religius peserta didik yang tercipta di SMK Al-Muien Panti Jember adalah faktor pendukung budaya religius di sekolah: Kepemimpinan yang Visioner, Staf Administrasi yang Proaktif, Kurikulum yang Terintegrasi, Lingkungan yang Mendukung, Kegiatan Ekstrakurikuler, Partisipasi Orang Tua dan Komunitas, Pelatihan Guru, Role Model. Faktor Penghambat Budaya Religius di Sekolah: Kurangnya Dukungan Manajemen, Kurangnya Fasilitas, Kurangnya Pelatihan untuk Guru, Resistensi dari Siswa dan Orang Tua, Keragaman Keyakinan, Perubahan Sosial dan Budaya, Kurangnya Keterlibatan Komunitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Ismail Hasan
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:46
Last Modified: 02 Jul 2024 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34956

Actions (login required)

View Item View Item