Tinjauan Yuridis Mengenai Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pelestarian Warisan Budaya Dan Adat Istiadat Di Banyuwangi Studi Kasus Perayaan Petik Laut Di Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

Ayu Sahlia, Mega (2024) Tinjauan Yuridis Mengenai Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pelestarian Warisan Budaya Dan Adat Istiadat Di Banyuwangi Studi Kasus Perayaan Petik Laut Di Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Unversitas Islam Kyai Haji achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-027-HTN-2024)
MEGA AYU SAHLIAA_S20173047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mega Ayu Sahlia 2024: Tinjauan Yuridis Mengenai Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pelestarian Warisan Budaya Dan Adat Istiadat Di Banyuwangi (Studi Kasus Perayaan Petik Laut Di Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi)

Kata Kunci : Budaya, Adat Istiadat, Petik Laut.

Konteks penelitian adanya tradisi petik laut oleh masyarakat Kecamatan Muncar untuk menghormati leluhur, sumber daya dan kekuatan laut. Perkembangan zaman menjadikan budaya petik ke laut di Kecamatan Muncar yang mengalami asimilasi kebudayaan dalam pelaksanaannya. Tradisi tersebut mendapat dukungan besar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi hampir tiap tahunnya, namun pada tahun 2022 peran pemerintah sangat minim bahkan cenderung dilakukan oleh masyarakat sekitar tanpa bantuan Pemerintah.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prosesi tradisi Petik Laut di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana peran Pemerintah dalam melestarikan tradisi budaya Petik Laut yang ada di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pelestarian Warisan Budaya dan Adat Istiadat di Banyuwangi? Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan prosesi tradisi Petik Laut di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi 2) Untuk mendeskripsikan peran Pemerintah dalam melestarikan tradisi budaya Petik Laut yang ada di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pelestarian Warisan Budaya dan Adat Istiadat di Banyuwangi Penelitian ini menerapkan pendekatan undang-undang (statute approach), pendekatan konseptual (conceptual approach), dan pendekatan kasus (case approach) untuk mengkaji secara mendalam mengenai aspek yuridis dalam pelestarian warisan budaya dan adat istiadat di Banyuwangi, dengan fokus khusus pada Perayaan Petik Laut di Kecamatan Muncar.
Hasil penelitian ini ialah; 1) Tradisi Petik Laut di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, mencakup; persiapan dengan ritual adat dan doa bersama sebelum memulai, pelaksanaan di laut dengan koordinasi antar-nelayan menggunakan teknik tradisional, pembagian hasil tangkapan sesuai aturan adat untuk seluruh masyarakat, serta penutupan dengan perayaan dan ekspresi rasa syukur bersama. 2) Bahwasannya pemerintah dalam melestarikan tradisi budaya Petik Laut di Desa Kedungrejo, Muncar memiliki tanggung jawab yang penting dalam menjaga keberlangsungan dan keberdayaan budaya lokal tersebut. Melalui regulasi yang tepat, pemerintah dapat memberikan perlindungan hukum bagi praktik tradisional seperti Petik Laut, sekaligus memfasilitasi pembangunan berkelanjutan dalam aspek ekonomi, sosial, dan pendidikan. Pemerintah juga dapat mempromosikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal kepada generasi muda serta wisatawan, menjadikan tradisi ini sebagai sumber kebanggaan dan identitas budaya bagi komunitas setempat dan daerah secara luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180116 International Law (excl. International Trade Law)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180117 International Trade Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180118 Labour Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180122 Legal Theory, Jurisprudence and Legal Interpretation
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180125 Taxation Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mega Ayu Sahlia
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:19
Last Modified: 17 Jul 2024 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34964

Actions (login required)

View Item View Item