Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hilal Leces Probolinggo Tahun 2019

NAILA IZZATUL, MAULA (2021) Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hilal Leces Probolinggo Tahun 2019. Undergraduate thesis, Fakulas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Naila Izzatul Maula_T20151310.pdf

Download (1MB)

Abstract

Naila Izzatul Maula, 2019 : Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hilal Leces Probolinggo Tahun 2019 Pembelajaran membaca merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa. Seseorang dikatakan belum memiliki kemampuan berbahasa dengan baik, jika belum mampu membaca dan memahami naskah dalam bahasa arab terutama al-qur’an dan al-hadist serta buku-buku berbahasa arab lainnya. Al- Qur’an adalah petunjuk bagi umat Islam. Indonesia merupakan Negara yang memiliki populasi umat Islam terbesar di seluruh dunia. Menurut Badan Pusat Statistik menyebutkan dari seluruh penduduk muslim di Indonesia terdapat sekitar 58 % tahun 2015 penduduk yang tidak bisa membaca dan menulis Al-Qur’an.1 Hal ini adalah fenomena yang menunjukkan bahwa mayoritas umat Islam di Indonesia masih banyak yang tidak bisa membaca dan menulis Al-Qur’an, padahal Al-Qur’an menjadi pedoman hidup yang harus dibaca, ditulis, dipelajari, dipahami, diamalkan dan dihafalkan oleh umat Islam itu sendiri. Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Penerapan Metode An- Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hilal Leces Probolinggo Tahun 2019? (2) Bagaimana Evaluasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hilal Leces Probolinggo Tahun 2019 Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Penerapan Metode An- Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hilal Leces Probolinggo Tahun 2019. (2) Mendeskripsikan Evaluasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hilal Leces Probolinggo Tahun 2019. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penentuan informannya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hilal Leces Probolinggo Tahun 2019 meliputi kegiatan pendahuluan yang terdiri dari mengucapkan salam, do’a pembukaan, penyampaian tujuan pembelajaran, ustadzah-ustadzah memberikan motivasi. Kegiatan inti meliputi penyampaian materi yang terdiri dari 4 langkah yaitu: Ustadazah menjelaskan materi, ustadzah menjelaskan makhraj dan tajwid pada materi yang di pelajari, ustadzah membaca dan santriwan santriwati menirukan dan di ulang-ulang dan yang terakhir ustadzah memberikan evaluasi. 2) Evaluasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hilal Leces Probolinggo Tahun 2019 dengan menggunakan tiga evalusi yaitu evaluasi harian, evaluasi akhir jilid dan evaluasi belajar tahap akhir. Dari evaluasi tersebut Ustadzah dapat mengetahui kemampuan setiap santri dan santriwatinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:17
Last Modified: 28 Mar 2022 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item View Item