Implementasi Strategi Bauran Promosi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Dasar Al Baitul Amien 02 Full Day School Jember

Firman, Asirullah (2024) Implementasi Strategi Bauran Promosi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Dasar Al Baitul Amien 02 Full Day School Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-043-MPI-2024)
Firman Asirullah_202101030009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan suatu organisasi yang menghasilkan jasa
yang dibeli oleh para konsumen. Oleh sebab itu promosi sangat diperlukan
terutama dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru. Dalam mempromosikan
sekolah itu membutuhkan strategi khusus agar promosi yang dilakukan
berjalan dengan lancar.
Fokus penelitian yang diteliti adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi strategi bauran promosi dalam penerimaan peserta didik baru di
Sekolah Dasar Al Baitul Amien 02 Jember Full Day School.? Tujuan adalah untuk
mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi bauran promosi
dalam penerimaan peserta didik baru di Sekolah Dasar Al Baitul Amien 02 Jember
Full Day School.
Penelitian ini didesain dalam bentuk metode penelitian kualitatif studi
kasus, dengan lokasi penelitian di SD Al Baitul Amien 02, lalu teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Perencanaan
strategi bauran promosi dalam penerimaan peserta didik baru yaitu : pertama
perencanaan periklanan terdiri dari membuat spanduk dan membuat konten di
media sosial. Kedua perencanaan personal selling yaitu menentukan anggota yang
bisa promosi dibidang personal selling. Ketiga publisitas atau humas yaitu
merancang pengadaan lomba setiap tahunnya. Keempat perencanaan sales
promotion yaitu mengkonsep pembagian pamflet. 2. Pelaksanaan strategi bauran
promosi dalam penerimaan peserta didik baru yaitu : pertama pelaksanaan
periklanan terdiri dari pemasangan spanduk dan pempublikasian di media sosial.
Kedua pelaksanaan personal selling yaitu mampu mempengaruhi konsumen
dalam penawaran produk. Ketiga pelaksanaan publisitas atau humas mengadakan
lomba tingkat TK sekabupaten Jember sebelum PPDB. Keempat pelaksanaan
sales promotion membagikan pamflet yang diikuti promosi mulut ke mulut oleh
wali murid dengan kesadarannya 3. Evaluasi strategi bauran promosi dalam
penerimaan peserta didik baru yaitu : pertama evaluasi perikanan dari media
spanduk dan media sosial yaitu membuat kuisioner untuk mengetahui kekurangan
dari periklanan. Kedua evaluasi personal selling yaitu mengadakan rapat
mengetahui kekurangan interkasi dan respon dari petugas. Ketiga evaluasi
publisitas atau humas yaitu membuat laporan usai kegiatan lomba. Keempat
evaluasi sales promotion yaitu mengadakan rapat keseluruhan dengan
memberikan penilaian, serta dengan rincian bahwa membagikan pamflet lebih
efektif didukung dengan promosi mulut kemulut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Firman A Firman Iman
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:22
Last Modified: 02 Jul 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34980

Actions (login required)

View Item View Item