AHMAD FARUQ, 084 114 002 (2016) URGENSI NIAT DALAM ŢALAB AL-’ILM. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
0a. cover - SKRIPSI - af.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
0c. cover - SKRIPSI - af - ABSTRAK.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
0d. cover - SKRIPSI - af - DAFTAR ISI.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
1. Bab I - af.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
2. Bab II - af.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab III - af.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab IV - af.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
5. Daftar Pustaka - af.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
8. Pernyataan Keaslian - af.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ahmad Faruq, 2016. Urgensi Niat dalam Ţalab Al-’Ilm; Dosen Pembimbing: H.
M. Syamsudini, M.Ag
Penelit ian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kecenderungan para pelajar pelaku ţalab al-‘ilm terhadap legalitas ijazah, kecenderungan yang lebih mengutamakan
kuant itas nilai dalam kertas dari pada kualitas ilmu yang diperoleh. Sebagai akibatnya, kemanfaatan dan keberkahan ilmu dianggap t idak pent ing. Niat ţalab
al-‘ilm, dalam hal ini, tidak mendapat tempat. Namun, di sisi lain terdapat sejumlah ulama yang mengorbankan kesempatan berkeluarga hanya demi menjaga niatnya dalam ţalab al-‘ilm. Dari sini, ada indikasi bahwa niat merupakan hal yang tak dapat dipandang remeh dalam ţalab al-‘ilm.
Berdasarkan latar belakang tersebut, Penelit i berusaha mengungkap urgensi niat dari literatur klasik, kitab kuning, yang nota bene banyak digunakan sebagai dasar
hukum oleh mayoritas umat Islam Nusantara ini. Untuk itu, fokus kajian ini ialah:
1) bagaimana urgensi niat dalam ţalab al-‘ilm? 2) Bagaimana konsep niat dalam ţalab al-‘ilm? Dan 3) bagaimana kedudukan ţalab al-‘ilm? Jenis penelit ian ini
ialah penelit ian kualitatif, menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, yakni Penelit i sebagai pengamat menelit i aneka teks-teks Arab kitab, untuk didata lalu
dikelola, dan ditarik kesimpulan pada tahap terakhir, dengan keabsahan data menggunakan content-analysis, dengan jenis penelit ian library-research;
mengarah pada tujuan mendeskripsikan: 1) urgensi niat dalam ţalab al-‘ilm, 2) konsep niat dalam ţalab al-‘ilm, dan 3) kedudukan ţalab al-‘ilm. Sebelum mengkaji urgensi niat, pembahasan dimulai dari niat yang dikaji dari
aspek pengertian, hukum, syarat, dan kedudukannya. Sedangkan ţalab al-‘ilm dikaji dari aspek pengertian, hukum, syarat, dan keutamaan. Masing-masing
dideskripsikan, kemudian dianalisa, dibaurkan dengan kejadian yang terjadi. Penjelasan didasarkan pada qawl para ulama yang telah tertuang dalam kitab-kitab
yang mereka tulis. Rujukan hadist dan syarhnya. Hingga kemudian sampailah kajian ini pada urgensi niat dalam ţalab al-‘ilm. Setelah melewati proses analisis, hasil penelit ian ialah 1) urgensi niat dalam ţalab al-‘ilm tergambar pada kemampuan niat menentukan hasil akhir aktifitas intelektual tersebut: membuat sia-sia seluruh jerih payah mencari ilmu, atau menumbuhkan semangat belajar kembali; 2) Konsep niat dalam ţalab al-‘ilm
dimengerti sebagai bentuk-bentuk niat yang telah dicontohkan oleh para ulama terdahulu. Bahwa niat dalam ţalab al-‘ilm tidak selayaknya berisi muatan-muatan
kepent ingan duniawi; dan 3) Kedudukan ţalab al-‘ilm menempati posisi prioritas tinggi dalam ajaran Islam, dengan mempertimbangkan tujuan, manfaat, dan keutamaannya.
Kata Kunci: ţalab al-‘ilm, niat, urgensi
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ţalab al-‘ilm, niat, urgensi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220199 Applied Ethics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 02:23 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 02:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35 |
Actions (login required)
View Item |