Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMK Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember

MOH. AKLIL, ALMAS (2020) Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMK Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MOH. AKLIL ALMAS_T20151373.pdf

Download (3MB)

Abstract

Moh.Aklil Almas (T20151373), 2019: Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMK Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember Melihat pentingnya penanaman karakter pada peserta didik, setiap sekolah memiliki cara sendiri dalam menyelesaikan problem untuk membentuk karakter anak. Dalam lembaga pendidikan ada banyak cara salah satu cara membentuk karakter peserta didik bisa melalui Kegiatan tahfidz Al-Qur’an. Dalam kegiatan tahfidz Al-Qur’an terdapat proses pembentukan karakter salah satunya adalah karakter kepercayaan, penghormatan, tanggung jawab, keadilan kepedulian dan kewargaan. SMK Nahdlatuth Thalabah di Desa Kesilir mengadakan sebuah kegiatan tahfidz Al-Qur’an. Kegiatan ini merupakan suatu program pembelajaran baru yang diterapkan SMK Nahdlatuth Thalabah selain sebagai program pembelajaran, kegiatan tahfidz Al-Qur’an ini diterapkan juga untuk membentuk karakter para siswa-siswinya. Melalui Kegiatan Tahfidz Al Qur’an seorang guru akan lebih mudah menanamkan nilai-nilai karakter yang telah terkandung dalam Al-Qur’an. Sehingga dalam proses menghafal Al-Qur’an, peserta didik bukan hanya menghafal Al-Qur’an akan tetapi juga membentuk karakter dalam diri peserta didik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana kegiatan Tahfidz Al-Qur’an dalam pembentukan karakter siswa di SMK Nahdlatuth Thalabah Kesilir? 2). Bagaimana karakter siswa yang mengikuti program kegiatan Tahfidz Al-Qur’an di SMK Nahdlatuth Thalabah Kesilir? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan Purposive. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: Kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1). SMK Nahdlatuth Thalabah Kesilir memiliki kegiatan Tahfidz Al-Qur’an, ini termasuk dalam program ekstra kulikuler yang dimulai pada tahun 2019. Dengan adanya kegiatan tahfidz AlQur’an proses pembentukan karakter kepada peserta didik terlihat lebih berhasil. pembentukan karakter peserta didik yaitu melalui kegiatan menghafal Al-Qur’an dan melalui penggunaan metode-metode menghafal yang telah diterapkan salah satunya seperti metode takrir yaitu untuk mengulang hafalannya agar tidak lupa. Sehingga peserta didik dalam proses pembiasaan mengulang hafalannya akan membentuk sebuah karakter tanggung jawab pada dirinya. 2). Kegaitan tahfidz Al-Qur’an di SMK Nahdlatuth Thalabah mampu menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang mengikuti kegiatan tahfidz Al-Qur’an adapun nilainilai karakter yang tertanam dalam diri peserta didik yaitu kejujuran, menghormati, tanggung jawab, adil, peduli dan kewargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:11
Last Modified: 11 Apr 2022 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3500

Actions (login required)

View Item View Item