Implementasi Metode Satu Hari Lima Ayat (SILAT) Dalam Program Tahfidzul Qur'an Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Hasanah, Wildatul (2024) Implementasi Metode Satu Hari Lima Ayat (SILAT) Dalam Program Tahfidzul Qur'an Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-065-PAI-2024)
Wildatul Hasanah 201101010045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Metode Satu Hari Lima Ayat, Program Tahfidzul Qur’an

Dalam mewujudkan anak menjadi penghafal Al-Qur’an, diciptakan berbagai metode menghafal untuk mempermudah anak dalam menghafal. Salah satu metode menghafal Al-Qur’an yang baru dan sudah efektif diterapkan di pondok pesantren tahfidz Nurul Qodiri adalah metode satu hari lima ayat. Sepanjang penelusuran peneliti sampai saat ini masih ada 1 penelitian berbentuk laporan skripsi mengenai metode tersebut, penelitiannya dipesantren pengarang metode silat yakni pesantren Al-Mulk. Sehingga peneliti akan menjelaskan implementasi metode silat pada pesantren yang lain.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode satu hari lima ayat (silat) pada santri kelas siffir dalam program tahfidzul Qur’an pondok pesantren tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember? 2) Bagaimana implementasi metode satu hari lima ayat (silat) pada santri kelas tahsin dalam program tahfidzul Qur’an pondok pesantren tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode satu hari lima ayat (silat) pada santri kelas siffir dalam program tahfidzul Qur’an pondok pesantren tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember. 2) Untuk menjelaskan implementasi metode satu hari lima ayat (silat) pada santri kelas tahsin dalam program tahfidzul Qur’an pondok pesantren tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Implementasi metode silat pada santri kelas siffir dilakukan saat proses program tahfidzul qur’an berlangsung: a.mengelompokkan santri kelas siffir sesuai tingkat kemampuan, b.muraja’ah dan setoran hafalan santri,c.berkenalan dengan surah yang akan dihafal,d.pemberian contoh bacaan oleh muallim/muallimah,e.mengulang-ulang bacaan 5-10 kali,f.penggunaan jari sebagai kebiasaan dalam menghafal. 2)Implementasi metode silat pada santri kelas tahsin diterapkan ketika santri menghafal secara mandiri:a.memperhatikan bacaan yang akan dihafal,b.memperhatikan kalimat awal dan akhir,c.mengulang-ulang bacaan 5-10 kali,d.penggunaan jari ketika menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wildatul Hasanah Wilda
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:19
Last Modified: 02 Jul 2024 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35010

Actions (login required)

View Item View Item