Huda, Annisa' Nuril (2024) Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-063-PAI-2024)
Annisa' NH-SKRIPSI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) |
Abstract
Kata kunci: Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan
Agama Islam Dan Budi Pekerti
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis karena SMA Negeri 5 Jember terakreditasi A dan hanya menerapkan kurikulum merdeka
belajar di kelas X dan XI. Namun masih terjadi problematika dan implementasi
mengenai kurikulum merdeka belajar sebagaimana mestinya. Oleh karena itu,
penulis ingin mengkaji problematika implementasi kurikulum merdeka belajar pada
mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMA Negeri 5 Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana
problematika pengembangan modul ajar dalam kurikulum merdeka belajar pada
mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMA Negeri 5 Jember.
2) Bagaimana problematika pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMA Negeri 5 Jember. 3) Bagaimana probematika evaluasi pembelajaran dalam
kurikulum merdeka belajar mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti
di SMA Negeri 5 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan problematika pengembangan modul ajar dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran
pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMA Negeri 5 Jember. 2)
Mendeskripsikan problematika pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum
merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di
SMA Negeri 5 Jember. 3) Mendeskripsikan probematika evaluasi pembelajaran
dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMA Negeri 5 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini, adalah: observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model analisis data interaktif yang meliputi reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Problematika pengembangan modul ajar, karena guru masih mengambil modul ajar dari platfrom yang disediakan oleh Kemendikbud serta menyamaratakan dengan seluruh kelas, nyatanya potensi
siswa berbeda. 2) Problematika pelaksanaan pembelajaran, guru kekurangan waktu
pelajaran untuk pemberian asesmen diagnostik serta pembelajaran derdiferensiasi.
3) Problematika evaluasi pembelajaran, guru menggunakan penilaian formatif dan
saat pengimputan nilai pada laporan hasil belajar pada kurikulum merdeka tidak ada ketiga apek tersebut melainkan digabung menjadi satu form penilaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Annisa Nuril |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 08:21 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 07:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35034 |
Actions (login required)
View Item |