Penggunaan media charta untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem pencernaan manusia siswa kelas VIII DI MTs AL-FIRDAUS Panti Jember

Ramadanti, Witri Elistiyana (2024) Penggunaan media charta untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem pencernaan manusia siswa kelas VIII DI MTs AL-FIRDAUS Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-029-TADRIS-IPA-2024)
Witri Elistiyana Ramadanti_202101100003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Witri Elistiyana Ramadanti, 2024: Penggunaan Media Charta untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas VIII di MTs Al-Firdaus Panti Jember.

Kata Kunci : Media Charta, Hasil Belajar Siswa, Sistem Pencernaan Manusia.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia kelas VIII A MTs Al-Firdaus Panti Jember. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa yang dibawah KKM. Penggunaan Media Charta dapat menjadi solusi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai Penggunaan media charta dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penggunaan media charta terhadap hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui Penggunaan media charta terhadap hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada materi sistem pencernaan pada manusia.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Al-Firdaus Panti Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penggunaan media charta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs Al-Firdaus Panti dalam mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada sebelum tindakan diketahui 3 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 19%, pada siklus I diketahui 10 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 63%, pada siklus II dikeltahui 16 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penggunaan media charta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs Al-Firdaus Panti dalam mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Witri Elistiyana Ramadanti
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:28
Last Modified: 09 Jul 2024 01:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35042

Actions (login required)

View Item View Item